UKIM Telorkan 317 Wisudawan dan Wisudawati – Ambon Ekspres
Pendidikan

UKIM Telorkan 317 Wisudawan dan Wisudawati

Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Sabtu (30/5), menelorkan 317 wisudawan dan wisudawati Sarjana (S1), Diploma (D3) dan Pasca Sarjana (S2). Dari 317 wisudawan dan wisudawati ini, S1 sebanyak 311 orang, D3 3 orang, dan S2 3 orang.

Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Dr. Cornelis Adolf Alyona, M.Th, dalam laporan akademiknya pada Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Sarjana (S1), Diploma (D3) dan Pasca Sarjana (S2) UKIM Periode I Tahun 2015, mengatakan, pada tahun pelajaran 2014/2015, jumlah mahasiswa UKIM ter-registrasi sebanyak 3.136.

Dari 3.193 mahasiswa, terdaftar dengan perincian Fakultas Teologi-Progdi Teologi 408 orang, Progdi PAK (44), Fakultas Teknik-Progdi Teknik Sipil (421), Fakultas ISIP-Progdi Ilmu Kesejahteraan Sosial (278), Progdi Ilmu Komunikasi (23), Fakultas Ekonomi-Progdi Ekonomi Pembangunan (81), Progdi Manajemen (360), Ilmu Akuntansi (64), D3 Keuangan Perbankan (41).

Berikutnya, Fakultas Kesehatan, Progdi Ilmu Keperawatan (1.023) dan Ilmu Kesehatan Masyarakat 393 orang.
Karena itu, setiap semester secara rutin UKIM melaporkan perkembangan aktivitas Tridharma dosen dan aktivitas mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi(PD-DIKTI/Layar Biru).

Pada Tahun Akademik 2014/2015-tahap I, dimulai pelaporan kegiatan akademik kepada Kementerian Ristek dan Dikti RI dalam bentuk Program Veeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI). UKIM akan mulai menyusun Pelaporan ini pada 1 Juni 2015.

Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 87 Tahun 2014 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, maka PTN/PTS di seluruh Indonesia wajib memiliki status Akerditasi Program Studi, UKIM tidak terpisahkan dari aturan tersebut.

Dan, justru kerja keras semua pihak, UKIM menambah lagi status Akreditasi B, bagi 3 Program Studi, yakni Progdi Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3), Progdi Teologi Kristen Protestan (S1), dan Progdi Teologi Kristen Protestan (S2).

Berdasarkan data akreditasi, disampaikan bahwa sampai tahun 2015, jumlah program studi yang Terakreditasi B, berjumlah 8 Program Studi. Sementara 5 Program Studi lainnya, diupayakan agar pada tahun akademik baru, segera mengusulkan Re-Akreditasi, mengingat program studi tersebut baru menghasilkan lulusannya.

Selain Program Studi yang telah Terakreditasi, maka secara kelembagaan, direncanakan pada Juli nanti, UKIM mengirimkan dokumen untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) ke BAN-PT.

‘’Olehnya itu, hari ini (Sabtu) UKIM mewisudakan 317 wisudawan dan wisudawati sebagai wujud kerja keras dan tanggung jawab semua unsur yakni tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pejabat pada berbagai tingkatan struktural dilingkungan UKIM dan bantuan penuh dari berbagai pihak, terutama bantuan tenaga pendidik tidak tetap dari Universitas Pattimura (Unpatti), dan Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara,’’ tandasnya.

Dengan diwisudakan 317 orang ini, UKIM berhasil melepaskan putra-putri menjadi tenaga energik untuk berkarya dalam Gereja, Masyarakat, dan Bangsa. “Semoga mereka mampu mencetuskan gagasan segar sesuai kompetensi masing-masing,’’ tandasnya.

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff, dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Hallatu Roy, mengatakan, pendidikan menjadi kebutuhan utama untuk penguasaan (IPTEK) dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Maluku yang beriman, bertakwa, berkualitas, tangguh, berdisiplin, etos kerja, serta mampu bersaing dalam tataran Nasional maupun Internasional.

“Atas nama pemerintah, saya menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada UKIM,”ungkapnya.
Ketua BP Sinode Pendeta Jhon Ruhulessin, mengatakan, 317 orang yang diwisudakan ini bisa memberikan pelayanan serta proses pendidikan yang terbaik kepada Gereja, Masyarakat dan Bangsa.

Karena UKIM menghasilkan output yang berkualitas, memiliki kapasitas intelektual dan integritas yang tinggi.Koordinator Kopertis Wilayah XII Dr. Z. Notanubun, M.Pd,  menuturkan, wisuda ini merupakan suatu rutinitas setiap tahun yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi dan khususnya 317 wisudawan dan wisudawati UKIM ini sebagai wujud pertanggungjawaban kepada institusi dan orangtua yang telah mempercayakan anaknya untuk mengenyam pendidikan di UKIM. (PRO1)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!