300 Siswa Maluku Ikut 02SN dan FLS2N – Ambon Ekspres
GMGM

300 Siswa Maluku Ikut 02SN dan FLS2N

Sebanyak 300 siswa jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), kemarin, mengikuti pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Maluku tahun 2015, yang berlangsung di kantor Disdikbud Provinsi Maluku.

Kadisdikbud Provinsi Maluku Saleh Thio, yang dibacakan Sekretaris Disdikbud Provinsi Maluku Hadi Sulaiman, menuturkan, kegiatan 02SN dan FLS2N merupakan salah satu barometer untuk mengukur prestasi para siswa di Maluku khususnya jenjang SD dan SMP.

Dengan demikian, mereka harus sehat jasmani dan rohani sehingga bisa berlomba sebaik mungkin seperti semboyan ”dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”. ‘’Berkat itulah, kiranya kegiatan ini dapat berjalan aman, lancar dan sukses demi anak didik mengembangkan potensi mereka yang didalamnya ada aspek moral dan intelektual,’’ katanya

Menurutnya, pemerintah punya tanggungjawab besar dalam hal ini Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk kualitas para pelajar yang mengikuti lomba ini bisa bermutu agar bermanfaat dibidang akademik, olahraga maupun seni.

“Saya haturkan kepada para siswa untuk menghayati semuanya sebagai sebuah anugerah dan kesempatan untuk berprestasi. Berkompetensilah sesuai bakat yang dimiliki demi kemajuan Maluku kedepan, karena dari sinilah kita mendapatkan bibit-bibit dibidang olahraga dan seni,” ungkapnya.

Kepada dewan juri, ingat akan janji yang telah diikrar, berilah penilaian dengan sejujur-sejujurnya, sebab Maluku membutuhkan bibit olahraga yang benar-benar unggul. ”Ingat, transparan dan profesionalisme harus dijunjung tinggi, demi panji-panji Siwalima dapat berkumandang,”ucapnya.

‘’Kembali saya titipkan kepada para peserta harus sportif dan professional demi mengangkat dan mengharumkan nama Maluku ditingkat Nasional,’’ tegasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Fentje Mandaku, menambahkan, kegiatan 02SN dan FLS2N diikuti 11 Kabupaten/Kota se-Maluku, dengan perincian untuk 02SN, mata lomba yang dipertandingkan masing-masing bulu tangkis, karate, pencak silat, catur, bola volley, bola kaki, renang, dan atletik.

Sedangkan untuk FLS2N masing-masing nyanyi tunggal, vocal group, menulis cerpen, pidato bahasa Indonesia, dan cerita dalam bahasa Inggris.

Lomba 02SN dan FLS2N akan berlangsung dari 3-6 Juni 2015 di Kota Ambon, dengan jumlah peserta 235 orang dan pelatih 65 orang, sehingga total keseluruhan sebanyak 300 orang.  (PRO1)

Most Popular

To Top