Membaca Tambah Ketrampilan Berpikir – Ambon Ekspres
Pendidikan

Membaca Tambah Ketrampilan Berpikir

Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) terus mendapat apresiasi positif masyarakat. Kali ini datang dari Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Ambon, Lantara Habir.

Menurut Habir, program tersebut hendaknya terus disosialisasikan keseluruh wilayah Maluku sebagai suatu gerakan moral untuk mendorong masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa untuk meningkat gemar membaca.
Membaca, katanya, memiliki banyak manfaat bagi seseorang.

Karena membaca dapat menambah ketrampilan berpikir, sehingga seseorang akan lebih kreatif untuk menjalankan hidupnya, terutama dalam upaya mengangkat derajat dan martabat kehidupannya, baik dibidang ekonomi, social, kesehatan, dan sebagainya.

Yang paling penting, katanya, membaca bagi ummat Islam merupakan sebuah perintah agama, karena wahyu pertama yang diterima Rasulullah Muhammad SAW adalah membaca. “Kalau kita sering membaca maka pengetahuan kita akan terus bertambah, baik dibidang ekonomi, teknologi, budaya, sosial dan sebagainya.

Semua itu akan berguna untuk menambah ketrampilan berpikir kita untuk mengelolah hidup yang lebih baik,” terang Habir.

Dia mencontohkan, sekarang ini banyak pedagang yang telah memanfaatkan jasa teknologi untuk memasarkan produknya atau jualan online melalui media social (sosmed). “Ini kebanyakan diperoleh lewat membaca, bagaimana cara mengembangkan bisnis atau usaha dengan lebih cerdas,” jelasnya.

Sehingga dengan menggencarkan sosialisasi gemar membaca dikalangan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) Maluku kedepan.

“Masyarakat harus terus didorong untuk gemar membaca dengan berbagai manfaatnya. Karena kadang masyarakat tidak tahu manfaat atau pentingnya membaca sebagai upaya untuk meningkatkan martabat kehidupannya,” ujarnya.

Lantara Habir yang juga berprofesi sebagai seorang guru, kebiasaan atau kegemaran membaca dikalangan masyarakat Maluku masih relatif rendah. “Kita lihat saja, siswa masih jarang memegang buku apalagi membaca saat waktu istirahat atau waktu senggang,” ungkapnya.

Untuk itu, dia memberikan apresiasi yang tinggi bagi Koran Ambon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku yang dengan kreatif membuat program Gerakan Maluku Gemar Membaca sebagai upaya mengajak masyarakat untuk selalu membaca.

“Program ini merupakan program kreatif untuk menciptakan generasi yang kreatif juga. Sehingga memang patut untuk diapresiasi dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top