PDIP Tetap Tagop, Ayub Nanti Dulu – Ambon Ekspres
Trending

PDIP Tetap Tagop, Ayub Nanti Dulu

AMBON, AE— Direkomendasi Partai Hanura, bukan berarti Tagop Soulisa-Ayup Saleky akan diusung sepaket oleh PDIP. Bagi PDIP, Tagop sudah final, namun wakilnya belum bisa dipastikan. Survei PDIP untuk pasangan Tagop ini masih dilakukan.

‘’Kita menyampaikan terima kasih kepada Hanura dan parpol lain yang memberikan rekomendasi kepada pak Tagop maju sebagai Bupati Bursel. Sebab dengan dukungan Hanura kepada pak Tagop juga mendukung PDIP,”kata Sekretaris DPD PDIP Maluku, Lucky Wattimury ketika dihubungi, kemarin.

Dia mengaku, Tagop yang kini menjabat Bupati Bursel dipastikan diusung PDIP. Sementara soal wakil Bupati, kata dia, ada beberapa pertimbangan yang digunakan PDIP. ‘’Bisa kader dan non kader. Tergantung survei. Itu acuan putuskan siapa balon wakil bupati. Nah, kalau ada parpol mengusung Tagop-Saleky tentu rekomendasi itu jadi pertimbangan. Sebab PDIP melaksanakan pemerintahan tidak sendirian,  tapi butuh partner. Apakah kader dan non kader ditunjuk sebagai wakil Bupati tergantung hasil  survei,”paparnya.

Tak  hanya itu, lanjut dia, peta politik di Bursel juga jadi pertimbangan siapa yang diusung sebagai balon Wakil Bupati. ‘’jadi minggu kedua Juni kita sudah bisa beproses menentukan rekomendasi calon Bupati Bursel oleh DPP. Jadi siapa sebetulnya berpasangan dengan Tagop setelah ada langkah yang dilakukan oleh DPP. Jadi Soal calon bupati sudah dipastikan,” kata dia.

Untuk wakil ada aturan partai yang diisyaratkan kalau hasil pemilu mencukupi 20 persen wakil dari kader, tapi harus ditelaah dengan memperhatikan, peta wilayah di Bursel. Adapun kader yang diusung maksimal untuk meraih suara atau tidak. “Jadi suara Tagop juga didengar. Ini agar siapa yang ditentukan partai mendampingi pak Tagop tidak salah,”ingatnya.

Wakil ketua bidang pemenangan pemilu DPD PDIP Maluku, Thobyhend Sahureka mengatakan, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri berkomitmen agar calon incumbent mengusung kader sebagai wakil kepala daerah.”Jadi sampai saat ini komitmen itu tidak berubah,”kata Sahureka.

Untuk itu, dia mengingatkan, keputusan partai wajib untuk dilaksanakan oleh kader partai lain. Apalagi, kata dia, Tagop sampai saat ini masih mengantongi kartu anggota PDIP.”Jadi memang peluang pak Tagop merebut rekomendasi PDIP. Jadi rekomendasi parpol lain tidak berpengaruh di PDIP. Jadi kader masih diutamakan mendampingi pak Tagop,” ingatnya. (JOS)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!