Soal Penggunaan KTSP dan K-13 di SBB – Ambon Ekspres
Pendidikan

Soal Penggunaan KTSP dan K-13 di SBB

Lohy: Sekolah di SBB Jangan Bandel

Kabid Dikmen Disdikbud Provinsi Maluku Melky Lohy, menegaskan, sesuai instruksi Mendikbud RI Anies Baswedan menyangkut pemberlakukan Kurikulum 2013 (K-13), tidak diwajibkan semua sekolah melaksanakan kurikulum tersebut, sehingga ada kebijakan sekolah bisa juga menjalankan Kurikulum 2006 (KTSP).

Dengan demikian, terkait permasalahan sekolah jenjang SMP di Kabupaten SBB, yang dalam proses belajar mengajar menggunakan KTSP 2006 itu berarti sampai dengan akhir belajar dalam hal ini menerima laporan pendidikan akhir, harus juga dalam penilaian menggunakan KTSP 2006, tidak boleh keluar dari ketentuan itu dengan menggunakan Kurikulum 2013.

‘’Kalau ada sekolah di Kabupaten SBB yang tidak ikut aturan, itu boleh dinyatakan sekolah itu bandel, dalam artian tidak mengikuti aturan yang telah diturunkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud RI, dan juga Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten/Kota,’’ ingatnya.

Dia mengaku telah telah wanti-wanti sebelum pelaksanaan ujian berlangsung, sekolah harus mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan.

“Seandainya mereka menggunakan KTSP 2006, berarti sampai selesai, siswanya harus memperoleh nilai laporan pendidikan dengan penilaian dari KTSP 2006, begitu pula dengan yang menggunakan Kurikulum 2013.

Bukan belajar dengan menggunakan KTSP tapi penilaian menggunakan K-13. Aturan dari mana seperti itu,” tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top