Bupati Gerakan "Ayo Kerja" Tabaos Pamahanu Negeri – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Gerakan "Ayo Kerja" Tabaos Pamahanu Negeri

Gerakan Nasional “Ayo Kerja” yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bukan tanpa makna juga bukan sekedar slogan. Jika Presiden Jokowi memulai gerakan itu dari titik nol Sabang Provinsi Aceh, maka bupati Abua Tuasikal memulai gerakan tersebut dari Selatan Pulau Seram tepatnya di Kecamatan Telutih, Kabupaten Maluku Tengah dan berkesinambungan pada 17 Kecamatan. Mengapa Selatan Seram?  Berikut gerakan “Ayo Kerja” Tabaos Bupati Pamahanu Negeri.

Abdul Latif  Walakula dengan cekatan beranjak dari “kursi malas”. Ia berlari kecil menuju jalan Trans Seram. Wajahnya kegirangan, menatap satu per satu mobil irang-iringan bupati Tuasikal Abua bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) memasuki gerbang negerinya. Lahakaba.

Ekspresi lelaki setengah baya itu nampak gembira. Langkahnya tertati menuju Aula Baeleuw yang sudah dipadati warga lainnya. “Ini ada apa aloo?” Tanya dia dengan aksen Lahakaba.

Betapa terkejutya saat mengetahui kehadiran bupati dan rombongan ke negerinya untuk melanjutkan Gerakan Nasional “Ayo Kerja” dan Tabaos Bupati Pamahanu Negeri tahun 2015 yang dicanangkan di Kota Kecamatan Telutih, negeri Laimu, Sabtu,(30/5) kemarin.

Langit negeri-negeri pesisir Seram Selatan memang tengah dirundung hujan lebat. Lahakaba yang berhadapan langsung dengan laut Banda menjadi sasaran terjangan angin kencang dan  gelombang dasyat.

Kondisi itu telah membentuk pola laku warga di wilayah tersebut ketika datangnya musim timur(April-Oktober). Belum lagi, lumpuhnya akses jembatan Wae Kawanoa.

Namun, kehadiran bupati memberi harapan warga yang berbatasan dengan Kabupaten Seram Bagian Timur itu. Betapa tidak, Gerakan “Ayo Kerja” memiliki roh yang sama sejalan dengan program Tabaos Masohi Menata Negeri, Tabaos Bupati Pamahanu Negeri dan Tabaos Bupati Manggurebe Maju.

Jika Tabaos “Bupati Masohi Menata Negeri” 2013 lebih menitikberatkkan pada pola komunikasi dimana usulan masyarakat dikompilasi dalam sebuah dokomen yang disebut dokumen aspiratif, maka Tabaos Bupati Pamahanu Negeri difokuskan pada program pemberdayaan masyarakat.

Nah, untuk menjawab aspirasi mayarakat pada program sebelumnya, bupati kembali mencanangkan Tabaos Bupati Pamahanu Negeri bersamaan dengan pencanangan gerakan “Ayo Kerja”. Tentu saja, “Ayo Kerja” maupun “Pamahanu” sama-sama kata kerja. Pamahanu bagi

Baca Bupati……hal 19

Most Popular

To Top