Harga Ikan Segar di Ambon Melonjak – Ambon Ekspres
Amboina

Harga Ikan Segar di Ambon Melonjak

AMBON, AE.—Harga ikan segar  yang ditawarkan pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku jelang Ramadhan tergolong mahal.

Pantauan di Pasar Mardika, Selasa (9/6), para pedagang menawarkan ikan sembung jenis momar dan kawalinya ukuran besar Rp20.000 per empat ekor. Sedangkan ukuran ikan sedang masing-masing Rp20.000 per enam ekor, ikan bubara kecil Rp20.000 per delapan ekor, komu Rp20.000 per empat ekor.

Ikan karang seperti kerapu Rp20.000 per enam ekor, cumi jenis bulu Rp20.000 per enam ekor, dan udang Rp50.000 per tumpuk kecil. Sedangkan ikan cakalang maupun ikan tatihu segar dan yang sudah beku dijual dengan harga Rp35.000 hingga Rp55.000 per ekor, tergantung besarnya ukuran ikan.

“Ikan masih mahal disebabkan pasokan dari desa-desa nelayan agak berkurang. Kalaupun ada juga tidak terlalu banyak,”kata Udin, pedagang ikan di Pasar Mardika.

Sementara, pedagang ikan lainya, Merry (45) mengatakan, pedagang di pasar hanya mengharapkan pasokan ikan momar dan kawalinya maupun komu dari Desa Latuhalat dan Tulehu guna memenuhi permintaan pasar. Jadi, kalau stok ikan tidak ada, harga ikan sudah pasti naik lagi.

BACA JUGA:  Harga Ikan di Ambon Makin Menggila

“Pokoknya harga ikan segar saat ini bersaing. Kalau harga ikan sembung jenis momar dan kawalinya naik maka sudah pasti harga ikan cakalang juga naik,” ujarnya.

Diakuinya, faktor cuaca yang kurang baik saat ini juga turut mempengaruhi harga jual ikan di pasaran. Pasalnya, beberapa nelayan tidak melaut karena curah hujan yang tinggi membuat arus kencang, sehingga pasokan ikan segar juga berkurang. (IWU)

Most Popular

To Top