Kompetisi LN Tak Jelas, Persenam Namlea Dibubarkan – Ambon Ekspres
Olahraga

Kompetisi LN Tak Jelas, Persenam Namlea Dibubarkan

Said : Saya Sedih dengan Putusan Ini

AMBON, AE.—Konflik PSSI kontra Menpora yang berakibat jatuhnya sanksi dari  FIFA terhadap sepakbola Indonesia berdampak pada eksistensi pemain yang bermain di kompetisi semua level. Persenam Namlea merasakan dampak hukuman tersebut. Salah satu kontestan Liga Nusantara itu tumbang sebelum bertanding.

Manajemen tim memutuskan untuk memulangkan semua pemain ke tempat tinggalnya setelah ada sanksi FIFA. Tepat pada hari ini (kemarin) Persenam  resmi dibubarkan.Hal itu ditegaskan langsung oleh Said Saanun, Manager Persenam Namlea saat menghubungi Ambon Ekspres, kemarin.

Said menjelaskan, alasan dibubarkan Persenam adalah lantaran pembekuan yang dilakukan oleh Menpora kepada PSSI. Selain itu, dijatuhkannya sanksi FIFA kepada Indonesia pada akhir Mei silam.Ditambah belum adanya kejelasan kompetisi.

’’ Sanksi ini sangat berpengaruh pada nasib kompetisi, termasuk kompetisi kasta terendah di Indonesia, yakni Liga Nusantara. Ini putusan dari manejemen tim dan harus diterima oleh semua pihak,’’ katanya.

Mengenai nasib pemain, Said berujar, pihaknya sudah menjelaskan kepada setiap pemain tentang putusan tersebut.’’ Semua pemain sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing dan alhamdullah mereka bisa mengerti kondisi sepakbola saat ini,’’ ujarnya.

Dijelaskan, akibat konflik antara PSSI dan pemerintah membuat kiprah tim asal Kabupaten Buru ini harus  absen di Liga Nusantara tahun ini.’’ Saya sangat sedih membuat putusan seperti ini. Namun kami tidak bisa bertahan kalau kondisi sepakbola masih seperti ini. Semua kegiatan maupun apa pun  tak diikuti Persenam,’’ tegasnya.

Bukan hanya itu, imbuh Said, kompetisi Liga Nusantar (LN) zona Maluku juga tak jelas kapan digulirkan.’’ Kalau semuanya tak jelas, mending tim dibubarkan saja. Ya, semoga kedepan kondisi sepakbola di Indonesia (Maluku) bisa lebih baik lagi,’’ kuncinya mengharapkan.

Dibagian lain, Roni Soenarjo, Anggota Asprov PSSI memaparkan bahwa jadwal kompetisi sepakbola Liga Nusantara (LN)  wilayah Maluku  belum jelas.Hal ini disebabkan karena PSSI belum juga merilis kepastian bergulirnya kompetisi antara klub divisi dua dan tiga itu.’’ Kami tidak bisa mengambil langkah untuk memutar LN karena belum ada instruksi dari pusat (PSSI) terkait jalannya kompetisi tersebut,’’ ungkap Soenarjo.

Mantan Sekum PSSI Maluku ini mengakui bahwa, hingga saat ini kejelasan regulasi Liga Nusantara oleh PT Liga Indonesia belum disampaikan ke asprov di tiap daerah. Ini yang menyebabkan jadwal kompetisi belum bisa kami tentukan.’’ Kami masih menunggu regulasi terkait kompetisi Liga Nusantara,’’ bilangnya.

Bukan hanya itu, lanjut dia, hukuman atau sanksi dari induk sepakbola dunia, FIFA terhadap PSSI 30 Mei lalu juga menjadi salah satu faktor utama sehingga nasib kompetisi LN belum bisa diputuskan.’’  Selain belum ada jadwal, penyebab belum diputarnya kompetisi adalah karena hukuman dari FIFA terhadap PSSI.

Hukuman ini berdampak ke setiap asprov yang ada di Tanah Air, termasuk asprov PSSI Maluku. Sejatinya, kami hanya tunggu perintah dari pusat,’’ imbuh dia. (ZAL)

Most Popular

To Top