Wabup Ingatkan Kepsek Gunakan DAK Secara Baik – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Wabup Ingatkan Kepsek Gunakan DAK Secara Baik

Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) Ayub Seleky mengingatkan para kepala sekolah disemua tingkatan yang menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan untuk menjalankannya sesuai ketentuan. Jika tidak, maka kepala sekolah yang bersangkutan dapat diberikan sanksi hingga  ke proses hukum.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) saat membuka kegiatan sosialisasi pengunaan DAK yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bursel yang dipusatkan di aula  SMA Negeri 1 Namrole, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diikuti para kepala sekolah mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK.

Wabup mengaku, sesuai temuan dan laporan di lapangan realiasi pengunaan dana DAK belum sesuai harapan. Banyak sekolah menggunakan dana DAK tidak sesuai dengan yang ada dipetunjuk pelaksanaan. Bukan hanya itu, ada bangunan-bangunan fisik yang dibangun dengan menggunakan DAK tidak selesai dikerjakan, walaupun anggarannya sudah habis dipakai. “Ini yang harus menjadi perhatian,” ingatnya saat itu.

Kedepan, tegas Wabup, jika masih ada temuan serupa maka kepala sekolahnya akan diperhadapkan dengan aparat penegak hukum. “Sosialisasi ini harus menjadi bahan penting untuk semua kepala sekolah, agar dalam pelaksanaan atau realisasi pengunaan dana DAK bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa menghindari berbagai resiko, termasuk sampai ke persoalan hukum,” ingatnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahrga Kabupaten Buru Selatan Dahlan Masuku mengatakan, sosoaliasi DAK yang dilaksanakan Disdikpora Bursel itu penting dilakukan agar para kepala sekolah penerima DAK dapat memahami benar dan sungguh langkah-langkah pelaksanaan DAK.

Dirinya menambahkan pemateri yang didatangkan untuk kegiatan sosialisasi DAK juga dari pihak Kejaksaan  dan juga konsultan perencanaan. (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!