Bubur Instan Vs MPASI Masak Sendiri, Mana yang Lebih Baik? – Ambon Ekspres
Kesehatan

Bubur Instan Vs MPASI Masak Sendiri, Mana yang Lebih Baik?

Bubur instan, biskuit dan beberapa jenis kue yang banyak dijual sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI) terkadang membuat bingung. Lebih baik membeli produk itu atau membuat MPASI sendiri ya?

dr Melisa Anggraeni, SpA dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang mengatakan sebetulnya boleh-boleh saja membeli bubur instan atau biskuit sebagai MPASI untuk anak Anda. Yang patut diingat baik MPASI instan atau buatan sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
“Sebetulnya ya boleh-boleh saja. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. Contohnya pada makanan instan tentu saja sudah dipastikan mengandung zat-zat berguna bagi anak namun kekurangannya adalah pasti mengandung pengawet,” ungkap dr Melisa.
“Sedangkan jika bikin sendiri tentunya lebih sehat tapi kalau proses pembuatannya salah juga pasti bisa menghilangkan kandungan baiknya,” tandasnya lagi ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (10/6/2015).
Menurut dr Melisa, mau membelikan MPASI instan ataupun membuat sendiri sah-sah saja. Jika memilih untuk membelikan MPASI instan, ibu harus pintar memilih kandungan nutrisi yang teradapat dalam makanan tersebut. Kandungan nutrisi harus sesuai dengan bobot anak agar tumbuh kembangnya optimal.
Di sisi lain dengan membuat sendiri, ibu bisa memberikan kandungan gizi terbaik dan bebas bahan pengawet. Namun ketika pengolahannya tidak tepat, nilai gizi bisa berkurang dan MPASI tidak akan memberikan efek yang berarti.
Jika memang ingin membuat sendiri, sebaiknya hindari penggunaan perasa seperti garam atau gula yang berlebihan. Sayuran, buah dan umbi-umbian merupakan bahan MPASI yang tepat untuk dikenalkan kepada si kecil.
“Kenalkan dahulu pada kentang, labu dan umbi-umbian di awal. Takutnya kalau anak kebiasaan diberi rasa yang gurih akan memberikan kecenderungan anak tidak akan menyukai rasa alamiah. Pada usia 7 bulan barulah orang tua boleh memodifikasi nasi yang diblender dengan lauk dan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu,” pungkasnya.(mrs/vit)

Most Popular

To Top