Infocal Akui Elektabilitas Kilikily Ungguli Orno – Ambon Ekspres
Politik

Infocal Akui Elektabilitas Kilikily Ungguli Orno

Kurniawan : Kilikily Berpeluang Rebut Kursi Bupati MBD

AMBON,AE— Klaim tim pemenangan bakal calon Bupati Maluku Barat Daya  Nikolaus Kilikily kalau elektabilitasnya menyaingingi atau unggul dari Bupati MBD, Barnabas   Orno, dibenarkan Institut  for Local Development atau Infocal. Lembaga survey ini meyakini Kilikily berpeluang merebut kursi Bupati MBD dari Orno, karena elektabilitasnya tinggi.

‘’Jadi memang hasil rilis lembaga survey kami (Infocal), elektabilitas pak Kilikily unggul incumbent (Orno) sekitar 4 persen. Itu hasil survey di medio Mei2015 lalu,”kata Direktur Infocal, Kurniawan ketika dihubungi Ambon Ekspres, kemarin.

Dia memaparkan, elektabilitas Kilikily sekitar 31,5 persen. Orno 27,5 persen, dan Mose Maahury 15,4 persen. ”Memang ketiga tokoh ini (Kilikily, Orno, dan Maahury) disebut-sebut bakal maju mencalonkan diri merebut MBD di Pilkada MBD. Jadi berdasarkan data pemilih Pilpres 2014 lalu, pemilih MBD sekitar 47, 783 pemilih. Nah, dari pemilih itu, pak Kilikily berpeluang merebut 15 ribu suara. Jadi memang pak Kilikily ada modal politik dan memungkinkan berpeluang besar merebut kursi Bupati MBD. Jadi data survey ini dapat dipertangungjawabkan,” paparnya.

Kurniawan mengaku, kantong suara Kilikily tersebar di wilayah padat penduduk atau pemilihnya banyak. Sementara Orno, sebut dia, memiliki kantong suara di wilayah yang pemilihnya sedikit.”Jadi kantong suara pak Kilikily ada di Moa, Letti, Babar Barat , Babar Timur, dan Damer. Sementara incumbent suaranya di wilayah yang memiliki penduduk atau pemilih sedikit. Jadi memang wilayah yang pemilihnya banyak menjadi ajang tanding para kandidat. Jadi memang  Itu potensi kemenangan ada di pak Kilikily,” terangnya.

Dia optimis elektabilitas Kilikily mengalami peningkatan jika mesin politik atau tim sukses Kilikily merawat dan mengawal serta meningkatkan kerja tim, presentase dukungan atau tingkat kesukaan mengalami peningkatan.”Saya optimis kalau potensi suara dijaga dan tim politik pak Kilikily maksimal, dukungan terus meningkat,”pungkasnya.
(JOS)

Most Popular

To Top