Maluku Masuk 16 Besar Debat Bahasa Indonesia – Ambon Ekspres
GMGM

Maluku Masuk 16 Besar Debat Bahasa Indonesia

Dikalahkan Jambi di Debat Bahasa Inggris

Hari kedua pelaksanaan lomba debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia tingkat Nasional tahun 2015 mulai kelihatan hasilnya. Maluku sebagai tuan rumah berhasil masuk 16 besar dalam lomba debat bahasa Indonesia tingkat Nasional, yang berlangsung di SMA Negeri 4 Ambon.

Tim Maluku tengah menyiapkan diri untuk lolos masuk 8 besar. Untuk babak berikut ini, Maluku akan berhadapan dengan Tim Provinsi DKI Jakarta.

Sementara untuk lomba debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional tahun 2015, yang berlangsung di SMA Negeri 5 Ambon, Maluku dikalahkan Provinsi Jambi. Langkah Maluku langsung terhenti dan harus lega tidak bisa masuk babak 16 besar.

Lomba debat turut disaksikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama. Pada dua mata lomba ini, Maluku memang diwakili peserta dari Kota Ambon.

Kainama yang dimintai komentarnya mengakui kalau kegiatan lomba ini sangat besar dampaknya bagi para siswa, karena mereka dilatih untuk berkompetisi. ‘’Apalagi debat ini baru pertama kali dilaksanakan bersamaan di Maluku.

Karena itu selaku pemerintah, kami sangat sambut gembira, mudah – mudahan lewat lomba debat ini dapat memberikan semangat dan spirit bagi siswa Maluku untuk belajar bahasa. Karena kita tahu dengan bahasa, maka orang dapat memahami berbagai persoalan,’’ tandasnya.

Dia juga mengingatkan kalau kedepan anak Maluku mesti benar-benar siap dalam proses pendidikan, karena ditantang dengan berbagai lomba tingkat Nasional.

Sementara itu, informasi yang diterima tim yang maju ke babak berikutnya pada Bahasa Inggris masing-masing DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten. Selain itu, Kaltim, Bali, DI Yogjakarta, Kepri, Jambi, Sumsel, Sulsel, Sulteng, Bengkulu, DI Aceh dan Kalteng. (PRO1)

Most Popular

To Top