Patut Dicoba! Dengarkan Musik Klasik Bisa Turunkan Tensi – Ambon Ekspres
Kesehatan

Patut Dicoba! Dengarkan Musik Klasik Bisa Turunkan Tensi

Naiknya tekanan darah dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Namun mengonsumsi obat dirasa hanya akan memberikan efek samping yang buruk.

Lebih baik menggunakan cara sederhana untuk menurunkan tensi, salah satunya dengan mendengarkan musik klasik.
Awalnya tim peneliti dari Oxford University mencoba me-review sejumlah studi yang dilakukan dalam kurun 20 tahun belakangan, tentang dampak berbagai jenis musik terhadap tekanan darah dan detak jantung seseorang.
Teori-teori itu kemudian mereka buktikan dengan melibatkan beberapa orang mahasiswa. Masing-masing dari mereka diperdengarkan enam jenis musik yang berbeda.
Tapi ternyata musik yang memiliki ritme pengulangan tiap 10 detik mempunyai dampak terbesar terhadap kinerja kardiovaskular, terutama menurunkan tensi.
Mengapa begitu? Menurut peneliti ini karena musik dengan tempo semacam ini ternyata senada dengan ritme alami tubuh. Dan kebetulan jenis musik yang paling mendekati definisi ini adalah musik klasik, misalnya Va Pensiero karya komposer Italia Giusuppe Verdi, Nessun Dorma karya Giacomo Puccini, dan adagio Simponi 9 milik Beethoven.
“Dan ketika kecepatan ritmenya diubah, manfaat yang sama tidak akan dirasakan lagi,” ungkap ketua tim peneliti, Professor Peter Sleight seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (10/6/2015).
Tak heran, genre musik dengan tempo yang lebih cepat seperti pop, rap dan techno hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap kesehatan jantung atau bahkan tidak sama sekali. Hal yang sama juga berlaku untuk musik klasik yang temponya berbeda dengan ketiga karya musisi sebelumnya.
Justru beberapa genre lain seperti rock malah terbukti meningkatkan detak jantung.

“Ini artinya saat terapi musik dilakukan, kita tak perlu harus memakai musik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu,” kata Prof Sleight.
Penelitian sebelumnya dari Sapienza University of Rome mengungkap, mereka yang suka mendengarkan salah satu karya musik buatan Mozart terbukti mengalami peningkatan fungsi memori atau daya ingat.
(lll/vit)

Most Popular

To Top