41 Desa di Bursel Miliki Perpustakaan – Ambon Ekspres
GMGM

41 Desa di Bursel Miliki Perpustakaan

Upaya Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) untuk mencerdaskan masyarakat terus dilakukan. Selain berupaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah reguler, pemerintah setempat juga mulai mendorong minat baca masyarakat lewat penyediaan perpustakaan.

Dari pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak (TK) hingga ke perguruan tinggi, salah satu langkah yang diambil adalah menyiapkan perpustakaan di tingkat desa. Buktinya sampai saat ini sudah 41 desa dari 81 desa yang ada di kabupaten Buru Selatan telah membangun perpustakaan desa.

“Jadi sampai dengan saat ini sudah 41 desa yang telah memiliki perpustakaan,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buru Selatan Semi Tuhumuri kepada koran ini di ruang kerjanya, kemarin.

Orang nomor satu di kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah ini mengatakan, 41 desa yang telah memiliki perpustakaan itu tersebar di enam kecamatan yakni Kecamatan Kepala Madan, Kecamatan Leksula, kecamatan Namrole, kecamatan Waesama, Kecamatan  Ambalau dan Kecamatan Fena Fafan.

Tiap desa yang ada pada enam kecamatan itu masing-masing memiliki sekira 1.000 ekssemplar buku dari berbagai disipilin ilmu.  “Untuk kecamatan Kepala Fena Fafan yang baru berusia 2 tahun, baru dua desa yang punya perpustakaan yakni desa Nusarua dan Waekan,” katanya menjelaskan.

Program perpustakaan desa ini lanjut Tuhumuri telah berjalan sejak tahun 2010, dan sampai saat ini masih tetap berlanjut. “Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2010 lalu, dan sudah tersebar pada 41 desa yang ada di kabupaten Buru Selatan,” sebutnya lagi.

Dalam tahun 2015 ini ada tiga desa yang memperoleh bantuan penambahan perpustakaan desa. Hanya saja dia belum dapat memastikan desa-desa mana saja yang akan menerima bantuan tersebut.

”Untuk desanya saya belum bisa pastikan, yang jelas dalam tahun ini tiga desa dalam wilayah kabupaten Buru Selatan yang akan mendapatkan bantuan perpustakaan desa,” janjinya. (ESI)

Most Popular

To Top