SMP Negeri 14 gelar Khatamul Quran – Ambon Ekspres
GMGM

SMP Negeri 14 gelar Khatamul Quran

Dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh dua siswa persiapan menuju MTQ tingkat nasional, dilanjutkan pembacaan surat-surat Juz Amma secara bersama, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Ambon menggelar Khatamul Quran bagi 265 siswa kelas IX, di aula SMP tersebut,  Kamis (11/6).

Ditambah dengan beberapa suguhan seni kreativitas siswa, berupa Qasidah, memperlihatkan keberhasilan SMP tersebut menjalankan misi pendidikannya. Karena selain menggelar Khatamul Quran, juga diumumkan hasil kelulusan siswa yang mencapai 100 persen.

Menurut Kepala SMP Negeri 14 Ambon, Samsulbahri Duwila, pelaksanaan kedua momen tersebut secara bersamaan untuk menunjukan kalau penyelenggaraan pendidikan di SMP tersebut bukan hanya pengembangan kemampuan kognitif atau ilmu pengetahuan  siswa saja, tapi juga pengembangan karakter dan kreativitas siswa.

‘’Sehingga lulusan siswa SMP Negeri 14 Ambon tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga kreatif dan berkarakter mulia. Ini menunjukan kalau kami tidak hanya mendidik pengetahuan anak saja, tapi juga pembangunan karakter anak agar out put yang dihasilkan dapat lebih baik. Sehingga kelak mereka dapat menjadi pemimpin yang cerdas, kreatif dan berkarakter,” katanya.

Khusus untuk pembinaan baca Al-Quran, katanya, dilakukan bagi siswa diluar jam sekolah, setiap hari Minggu, dan diawasi oleh masing-masing wali kelas. “Pembinaannya dilakukan setiap hari Minggu. Jadi saat mereka lulus sekolah, mereka juga bisa khatam,” ujarnya.

Sedangkan untuk, lulusan 2015, lanjutnya, SMP Negeri 14 Ambon tetap mempertahankan prestasinya dengan memiliki rata-rata nilai kelulusan diatas 70,00. “Semua siswa mendapatkan nilai yang baik, diatas 70.00,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pendidikan Dasar dan Menengah pada Dinas Pendidikan Kota Ambon, Th. Lokollo, mengapresiasi pengumuman kelulusan siswa SMP Negeri 14 Ambon yang dibarengi dengan Khatamul Quran siswa. “Ini sangat baik untuk membina karakter akhlak anak,” katanya.

Untuk itu, dia berharap, semua sekolah di Kota Ambon dapat menempuh langkah yang sama. Karena pengembangan kurikulum kedepan akan lebih banyak pada pembinaan karakter. ”Pemerintah berharap pembinaan karakter harus dikembangkan di sekolah-sekolah,” pungkas Lokollo. (ADI)

Most Popular

To Top