50 Persen Mahasiswa Kedokteran Direkrut Lewat Mandiri – Ambon Ekspres
Pendidikan

50 Persen Mahasiswa Kedokteran Direkrut Lewat Mandiri

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon memberikan peluang lebih besar bagi putra daerah untuk masuk Fakultas Kedokteran (FK) perguruan tinggi tersebut dibanding calon mahasiswa dari luar Maluku.

Rektor Unpatti Ambon, Dr. Th. Pentury menegaskan, langkah ini didukung pembatasan kuota penerimaan mahasiswa baru FK Unpatti pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Mauk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menurut Pentury, kalau kuota penerimaan mahasiswa baru FK pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN sama dengan fakultas lainnya, otomatis mahasiswa baru FK Unpatti Ambon akan dikuasai calon mahasiswa dari luar Maluku.

“Mereka (dari luar Maluku) tentu punya kualifikasi yang sedikit lebih baik untuk mengikuti seleksi seperti yang sekarang (SNMPTN dan SBMPTN),” terangnya.

Kuota mahasiswa baru FK Unpatti Ambon tahun 2015 ini sebanyak 60 mahasiswa, sebagian besar akan direkrut melalui seleksi jalur Mandiri.

“Penerimaan mahasiswa baru FK lewat SNMPTN hanya 11 mahasiswa, kalau lewat jalur SBMPTN mungkin sekitar 14 sampai 15 mahasiswa saja. Sisanya sekitar 50 persen lebih akan diterima lewat seleksi jalur Mandiri,” ungkapnya.

Walau demikian, katanya, Unpatti Ambon akan tetap menjaga kualitas mahasiswa FK agar dapat bersaing. Untuk menjaga hal tersebut, tetap dibutuhkan mahasiswa dari luar Maluku untuk berkopetisi dalam penerimaan dan perkualiahan.

“Kalau ada kompetisi seperti itu, maka mahasiswa Maluku akan lebih giat lagi belajar,” pungkasnya. (ADI)
Senin, SMA Negeri Lakukan Seleksi

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!