Ar-Rahmah Berangkatkan 18 Siswa ke Gresik – Ambon Ekspres
GMGM

Ar-Rahmah Berangkatkan 18 Siswa ke Gresik

Untuk regenerasi ulama di Provinsi Maluku, 18 anak akan diberangkatkan mengikuti pendidikan di pondok pesantren (Pompes) Mambaus Shalihin, Gresik, Jawa Timur. Demikian ungkap Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon, Ustadz Rizqy idrus Al-hamid, Minggu (14/6).

Pemberangkatan 18 anak tersebut atas swadaya masyarakat, khususnya jamaah Maesjid Al-Anshor, Pinang Putih, Tantui Ambon, dan didukung Yayasan Ar-Rahmah.

“Kemarin (Sabtu, 13/6) kita lakukan pelepasan kepada 18 anak tersebut, berangkatnya besok (hari ini, Senin,-). Semuanya merupakan murid Ustadz Abdul Rahman Tuanaya,” kata Alhamid.

Sebelumnya, beberapa tahun lalu, Yayasan Ar-Rahmah Ambon telah memberangkatkan beberapa anak Maluku untuk mengikuti pendidikan Ponpes di Yaman.

“Memang tidak seperti tahun sebelumnya, kita kirim anak-anak untuk belajar di Yaman. Sekarang kita lakukan penyesuain dulu di Gresik, baik bahasa dan bekalilmu lainnya. Kalau ada yang berprestasi, baru akan di kirim ke luar negeri,” terangnya.

Bahkan bukan hanya ke Yaman, lanjutnya, tapi bisa ke Surya dan Madinah (Arab Saudi) karena telah ada hubungan kerja sama. “Kita punya alumni Yaman, Surya dan Madinah,” ungkapnya.

Akuinya, untuk mendidik calon ulama di Kota Ambon sangat sulit. Untuk itu, terpaksa anak-anak tersebut dikirim keluar provinsi, bahkan ke luar negeri. Sehinggaq kelak mereka dapat kembali untuk membangun ummat.

“Mereka ini nantinya dididik bukan sebagai pekerja dan ulama, tapi mereka dididik untuk membangun ummat dan berjalan dengan hikmah hanya di jalan Allah, tidak mengharapkan dunia,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top