Disperindag Bakal Gelar Operasi Pasar – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Disperindag Bakal Gelar Operasi Pasar

Menyambut bulan Suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan melakukan operasi pasar.

“Kita rencanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan oleh umut muslim di daerah ini kita akan lakukan operasi pasar,” ujar Kepala Disperindag Bursel, Yan Latuperissa kepada wartawan belum lama ini.

Menurutnya, operasi pasar tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan pengawasan terhadap stok kebutuhan pokok, pengecekan harga barang di pasaran, produk kadaluarsa, kondisi dan kualitas pangan kemasan serta labelisasi barang berstandar nasional Indonesia.

Latuperissa menyebutkan, operasi pasar merupakan tugas rutin yang kerap kali dilaksanakan Disperindag Bursel menjelang bulan suci Ramadhan. “Operasi  pasar rutin kita lakukan jelang bulan Ramadhan,” ujarnya.
Jika dalam operasi pasar ditemukan produk barang kebutuhan pokok kadaluarsa akan ditarik dari peredaran.

“Pedagang yang bersangkutan juga akan diberi arahan sehingga tidak lagi menjual kepada masyarakat,” sergahnya.
Soal kenaikan harga, ia mengaku, sampai sejauh ini sesuai  pemantauan di lapangan belum terjadi kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako).

Kendati demikian, kata dia, pengawasan tetap dilakukan guna menjaga kestabilan harga barang di ibu kota Kabupaten Bursel menjelang Ramadhan dan Idul Fitri nanti. Sebab, biasanya ada pedagang yang sengaja menaikan harga barang karena peningkatan pembeli. (ESI)

Most Popular

To Top