Jatim dan Yogyakarta Juara LDBI dan NSBC Tingkat Nasional – Ambon Ekspres
Pendidikan

Jatim dan Yogyakarta Juara LDBI dan NSBC Tingkat Nasional

Maluku Raih Pendamping Akreditas Terbaik

Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan DI Yogyakarta akhirnya ditetapkan sebagai pemenangan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSBC) tingkat Nasional tahun 2015, yang diikuti oleh 34 Provinsi di Indonesia, di Kota Ambon Provinsi Maluku. Penetapan Provinsi Jatim dan DI Yogyakarta, berdasarkan hasil penjurian dalam babak final yang berlangsung di Hotel Natsepa, Jumat Malam (12/6).

Dalam babak final ini, pada LDBI Provinsi Jatim berhasil mengalahkan peserta Provinsi Riau (juara 2), sedangkan Provinsi Bali dan Banten mendapat juara 3 bersama.

Sedangkan untuk lomba NSBC Provinsi DI Yogyakarta berhasil mengalahkan peserta dari Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), sehingga membuat Sulteng mendapat juara 2, sedangkan Provinsi DKI Jakarta dan Banten mendapat juara 3 bersama.

Dalam LDBI dan NSBC ini juga dibacakan 10 pembicara terbaik LDBI, dan 8 pembicara terbaik NSBC. 8 pembicara terbaik dalam NSBC, yaitu Firsiansus Maikel dan Muhamad Ilham Akbar (Jawa Barat) meraih juara pertama dan kedua.

Juara ketiga diraih Muhammad Haikal Satria dari DI Yogyakarta, juara keempat Selvia Majori (Banten), juara kelima Judit Grasia Arda (Kalimatan Barat), juara keenam Farah Siregar (Banten), juara ketujuh Syarifah Alia (Sulawesi Tengah), dan juara kedelapan Fairus Iqbal Okta (Aceh).

Sedangkan 10 pembicara terbaik LDBI tahun ini, juara pertama diraih oleh Ester Elizabeth Astria (Bali), juara kedua Patriasina Celi Budiman (Bali), juara ketiga Muhammad Akbar (DI Yogyakarta), juara keempat Putra Widyahandini (DI Yogyakarta), juara kelima Farel Fendira (Riau), juara keenam Silvia Kristina (Bali), juara ketujuh Halimatun Saidah (DKI Jakarta), juara kedelapan Sasarina (Jawa Timur), juara kesembilan Nadhia Laela (Jawa Timur), dan juara kesepuluh Novi Yulia Prubaningsi (DKI Jakarta).

Walaupun Maluku tidak mendapatkan juara dan tidak masuk nominasi pembicara terbaik LDBI dan NSBC, namun Maluku patut berbangga diri, dari hasil seleksi Akreditas pendamping yang diikuti oleh seluruh Provinsi, pendamping dari Maluku Meske Gaspersz menjadi juara pertama pendamping akreditas terbaik.

Sedangkan Yuli Astuti (Kalimantan Selatan), dan Anisa dari (DI Yogyakarta), menduduki peringkat kedua dan ketiga. (PRO1)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!