Main di Luar Rumah Bisa Tingkat Kesehatan Fisik dan Mental Anak Lho – Ambon Ekspres
Kesehatan

Main di Luar Rumah Bisa Tingkat Kesehatan Fisik dan Mental Anak Lho

Orang tua cenderung memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap anak. Rasa khawatir tersebut membuat anak selalu diawasi dan terkadang dilarang untuk bermain di luar. Padahal, bermain di luar rumah bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak lho.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of British Columbia menemukan bahwa bermain outdoor yang berisiko dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak.

“Kami menemukan bahwa lingkungan bermain yang membuat anak mengambil risiko dapat meningkatkan interaksi sosial, kreativitas, dan ketahanan,” ucap Mariana Brussoni, asisten profesor di UBC’s School of Population and Public Health and Department of Pediatrics.

“Hasil positif tersebut mencerminkan pentingnya mendukung kesempatan bermain di luar rumah bagi anak untuk meningkatkan kesehatan dan gaya hidup yang aktif,” imbuh Mariana seperti dikutip dari Medical Daily pada Minggu (14/6/2015).

Mariana dan rekannya menguji hubungan antara permainan luar ruang dan kesehatan anak dengan menggunakan 21 makalah yang relevan. Anak-anak yang berpartisipasi dalam permainan luar ruang tidak hanya mengalami peningkatan waktu untuk terlibat dalam aktivitas fisik, tetapi juga kemampuan sosial yang lebih baik dan kreativitas.

Lingkungan bermain di luar rumah menawarkan anak tempat untuk lebih aktif secara fisik dan mengembangkan kemampuan sosial. Jelas bahwa standar keamanan dan pengawasan yang terlalu ketat dari orang tua mencegah anak dari berpartisipasi di perilaku luar yang berisiko.

“Luar ruang yang berisiko malah memberikan kesempatan bagi anak untuk mempelajari risiko dan mengetahui batasan diri mereka,” ungkap Marian. “Memonitor aktivitas anak adalah pendekatan yang tepat bukan dengan pengawasan yang terlalu ketat, terutama bagi anak yang cukup besar,” ungkapnya.

Selain itu, bermain di luar rumah merupakan latihan fisik bagi anak. Latihan tersebut membantu kesehatan tulang dan otot serta mengurangi risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Hal itu juga dapat mengurangi perasaan depresi dan kecemasan. Peneliti sebelumnya bahkan telah menunjukkan bahwa latihan dapat meningkatkan faktor yang memengaruhi performa akademik pelajar, termasuk konsentrasi dan perhatian. (ajg/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!