Masih Kecil Tapi Wajah Tampak Tua, Hati-hati Tanda Kurang Gizi pada Anak – Ambon Ekspres
Kesehatan

Masih Kecil Tapi Wajah Tampak Tua, Hati-hati Tanda Kurang Gizi pada Anak

 

“Pemberian gizi yang tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat menyebabkan pertumbuhan anak tersebut mengalami gangguan,” ucap dr Attila Dewanti, SpA (K), dokter spesialis anak konsultan neurologi, yang merupakan salah satu pembicara di Parenting Club Talkshow, Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta, dan ditulis pada Minggu (14/6/2015).

Kekurangan nutrisi atau gizi menyebabkan dampak gagal tumbuh pada anak yakni perkembangan motorik lambat, gangguan fungsi kognisi, gangguan pertumbuhan otak, hingga prestasi belajar yang buruk.

“Perlu untuk memperhatikan keseimbangan gizi pada anak. Misalnya saja jika anak satu tahun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia pada anak,” ungkap dr Attila.

Secara klinis, anak yang kekurangan gizi memiliki ciri badan yang kurus sekali, muka seperti tua, iga gambang, dan lainnya. Selain itu, anak tersebut memiliki berat badan di bawah standar kurva.

Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan kandungan gizi pada makanan anak dan mencoba menangani kesulitan makan pada anak dengan bimbingan yang baik.

Selain itu, gangguan tumbuh kembang anak selain dipengaruhi oleh faktor nutrisi juga dipengaruhi oleh faktor genetik serta hormonal dan psikososial.(vit/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!