Pemkab Bursel tak Perlu Serahkan DP4 – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab Bursel tak Perlu Serahkan DP4

Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) tidak perlu menyerahkan Data Agregat Kependudukan per
Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
“Awalnya kita rencanakan untuk penyerahan DP4 oleh pemerintah daerah kepada KPU pada tanggal 3 Juni, namun sesuai koordinasi dan perkembangan terbaru, DP4 akan diserahkan oleh Mendagri,” jelas Ketua KPU Kabupaten Bursel, Said Sabi beberapa waktu lalu.
Selanjutnya, KPU pusat akan mengolah atau mensinkronkan DP4 dengan memperhatikan data pemilih hasil pemilihan umum terakhir untuk selanjutnya diserahkan kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.
DP4 dan DAKK diambil melalui Sistim Informasi Kependudukan dari masing-masing kabupaten/kota maupun provinsi di Indonesia.
Ditambahkan kebijakan pemerintah memberikan data kependudukan  untuk pilkada hanya satu pintu dapat meminimalisir perbedaan data.
Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Bursel, Ruslan Makatita mengaku, Disdukcapil Bursel telah siap mempersiapkan DP4 dan DAK2. Namun karena pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri berencana menyerahkan data kependudukan tersebut secara serentak maka rencana KPU Kabupaten Bursel akan menerima  data DP4 pada 3 Juni 2015 lalu tidak jadi dilaksanakan. “Jadi data akan diserahkan langsung oleh KPU Pusat kepada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota,” terangnya. (ESI)

Most Popular

To Top