181 CPNS K2 Nyatakan Komitmen Sebagai PNS – Ambon Ekspres
Amboina

181 CPNS K2 Nyatakan Komitmen Sebagai PNS

181 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kategori dua (K2) golongan I dan II angkatan I tahun 2015 di lingkup Pemerintah Kota (pemkot) Ambon ikut Upacara Pembukaan dan Latihan Prajabatan di Balai Kota Ambon, Senin (15/6).

CPNS K2 yang diangkat pada lingkup Pemkot Ambon sebanyak 258 orang, sehingga sisanya berjumlah 77 CPNS K2 yang merupakan golongan III belum diikutkan, karena latihan prajabatn tersebut baru diselenggarakan bagi golongan I dan II.

Membuka kegiatan tersebut, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapssy mengingatkan, CPNS K2 yang saat ini akan mengikuti latihan prajabatan untuk kedepan dapat menjadi seorang PNS yang baik dan tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan dengan tindakan indisipliner yang berujung pemecatan.

Karena, katanya, tidak semua masyarakat memiliki kesempatan untuk menjadi PNS. Sehingga dia berharap, CPNS K2 dapat menjaga kesempatan tersebut dari kerja keras, prestasi dan kemampuan yang dilakukan selama ini, bukan jatah pemkot.

“Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi PNS. Jadi saya berharap, saudara-saudara tidak akan menjadi satu diantara sekian banyak PNS yang dipecat karena tindakan indisipliner,” terang Louhenapssy.

Padahal selama ini, lanjutnya, untuk memperoleh Sumber Daya Manusia (SDM) PNS yang baik, pemkot harus mengorbankan ratusan juta rupiah, bahkan milyaran rupiah.

“Untuk mendapatkan seorang kepala dinas (kadis), pemkot harus siapkan investasi ratusan juta rupiah, mulai dari parajabatan dan jenjang pendidikan, bahkan PIM I dan pendidikan kepangkatan lainnya,” ungkapnya.

Untuk itu, Louhenapssy kembali mengingatkan kepada181 CPNS K2 tersebut agar dapat menjadi PNS yang baik sebagai komitmen untukmenjaga kesempatan tersebut. Karena, katanya, banyak masyarakat Kota Ambon yang berkeinginan untuk menjadi PNS dibanding berkecimpung di sektor swasta.

Hal tersebut tentu berbanding terbalik dengan kehidupan masyarakat kota besar yang memiliki tingkatperekonomian yang lebih baik. “Di Kota Ambon banyak orang berlomba-lomba untuk dapat menjadi PNS dengan obsesi semua kepastian masa depan lewat purnabakti,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top