Bupati Serahkan Bantuan Teropong Untuk Kemenag – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Serahkan Bantuan Teropong Untuk Kemenag

Bupati Buru Ramly Umasugi, Senin kemarin (15/6) menyerahkan bantuan satu buah teropong canggih untuk Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru.

Penyerahan teropong itu diterima langsung Kepala Kementrian Agama Kabupaten Buru, Taslim Tuasikal di Aula Kantor Bupati Buru.

Teropong tersebut merupakan salah satu teropong dengan kualitas terbaik dan memiliki teknologi canggih. Nantinya teropong ini untuk membantu Kemenag melakukan pemantauan hilal jelang 1 Ramadhan maupun saat 1 Syawal nanti.

Usai menyerahkan bantuan teropong tersebut, Bupati berharap, teropong itu dapat dipergunakan dan difungsikan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama, karena teropong tersebut dapat digunakan untuk melihat hilal secara jelas apabila cuaca alam bagus sebelum bulan Ramadhan nanti.

Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buru, Taslim Tuasikal mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buru khususnya Bupati yang telah memberikan bantuan teropong.

“Atas nama Kementerian Agama kami sampaikan terima kasih kepada Bupati. Teropong ini kami serahkan kepada Badan Hisab dan Ruqiyat Kementrian Agama Kabupaten Buru. Bantuan teropong Hilal ini juga baru pertama kali terjadi di Provinsi Maluku untuk melakukan pemantauan Hilal,” kata Tuasikal.

Lebih lanjut dikatakan, ada beberapa wilayah Kabupaten Buru yang nantinya dapat dipakai untuk meneropong bulan khususnya saat awal Ramadhan dan 1 Syawal nanti.

“Di Kabupaten Buru dengan posisi ketinggian itu ada di bukit Waprea, Kecamatan Waplau. Apabila hilal itu muncul dapat terlihat  dengan jelas (dengan mata telanjang) jika cuaca mendukung,” ujarnya.

Disinggung mengenai kapan akan dilakukan pemantauan hilal, Tuasikal mengaku, pemantauan hilal akan dilakukan di bukit Waprea pada Selasa sore nanti  bersama tokoh agama dan pemerintah Kabupaten Buru.

Selain menyerahkan teropong untuk melihat hilal, kegiatan tersebut juga sekaligus merupakan pertemuan antara Bupati Buru dengan pemuka agama yakni para imam dan penghulau masjid se Kabupaten Buru. Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan kepada imam dan penghulu masjid. (CR8)

Most Popular

To Top