Fantastis! Anak Pulau Osi Sumbang Dua Emas untuk ‘Merah Putih’ – Ambon Ekspres
Olahraga

Fantastis! Anak Pulau Osi Sumbang Dua Emas untuk ‘Merah Putih’

Jeremias : Kegagalan di Myanmar Akhirnya Terbalas

AMBON, AE.—Atlet dayung asal Maluku, Nyong Memo kembali menyabet emas di nomor Single Scull 1000 meter putera.Ini merupakan emas kedua yang dipersembahkan oleh Memo untuk ‘Merah Putih’ di Sea Games Tahun 2015 di Singapura.

Di hari terakhir cabang olahraga (cabor) dayung yang berlangsung di Teluk Marina, Singapura, kemarin, anak asal Pulau Osi, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) itu berhasil keluar sebagai yang terbaik dengan mencatatkan waktu 3 menit 25,5 detik.Dia mengungguli Nestor Cordova, pedayung asal Filipina.

Bukan hanya itu, atlet puteri andalan Maluku, Chelsea Corputty yang berpasangan dengan  Wahyuni, Yayah Rokayah dan Yuniarty berhasil menyumbangkan medali perak pada nomor yang sama (1000 meter puteri).Mereka kalah dari Vietnam dengan selisih waktu 0,22 detik.

Secara keseluruhan, Nyong Memo dan kawan-kawan  telah meraup 13 medali emas, masing-masing dari delapan emas dari dayung, dua emas dari cabang perahu naga, dan tiga emas dari cabang kano dan kayak.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Maluku, Anos Jeremias mengaku bangga dengan  pencapaian atlet-atlet dayung Indonesia, terlebih kepada anak asuhannya (Memo dan Chelesa).

’’ Prestasi luar biasa yang telah diraih oleh anak Pulau Osi tersebut membuat warga Indonesia dan Maluku bangga dan ini akan tertulis dalam sejarah dayung Indonesia,’’ tandas Jeremias kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Pria asal Maluku Barat Daya (MBD) ini melanjutkan, Sea Games di Singapura kali ini dijadikan Memo sebagai ajang ‘balas dendam’ atas kegagalannya di pentas yang sama dua tahun lalu di Myanmar.

’’ Dia pernah gagal di Myanmar, namun tahun ini, dua  emas di nomor Single Scull 500 meter dan 1000 meter putera berhasil diborong oleh Memo. Ini sangat luar biasa,’’ katanya.

Menariknya, kata Jeremias, emas terakhir yang diraih oleh Memo mengantarkan Indonesia keluar sebagai juara umum cabor dayung dengan perolehan medali emas sebanyak 13.’’ Ya, semoga prestasi ini bisa diraih pada event internasional yang lain,’’ kuncinya.

Dibagian lain, Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (Kethar KONO) Maluku, Toni Pariella mengaku bangga dengan prestasi Memo di event internasional tersebut.

Menurutnya, hasil ciamik itu diraih atas  kerja kerasnya selama ini.’’ Memo telah mengharumkan nama ‘Merah Putih’ dan Maluku di Singapura.Saya sangat bangga,’’ kata Pariella.

Dikatakan, KONI Maluku akan tetap mendukung setiap perjuangan Memo dan kawan-kawan di setiap pentas nasional maupun internasional.’’ Kami berharap, di PON Jawa Barat nanti, atlet dayung andalan Maluku itu bisa mempersembahkan emas untuk negeri bertajuk ‘Seribu Pulau’ ini,’’ singkat Pariella. (ZAL)

Most Popular

To Top