PDIP Mulai Goyang – Ambon Ekspres
Trending

PDIP Mulai Goyang

BULA, AE— Hingga kemarin, PDIP belum keluarkan rekomendasi bagi calon kepala daerah di Maluku menyongsong Pemilukada serentak, Desember mendatang. DPP PDIP masih menilai hasil seleksi dan hasil survey yang dilakukan beberapa  waktu lalu.

Calon incumbent yang merupakan kader PDIP, Barnabas Orno dan Tagop Soulisa lebih diistimewakan. Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun, mengatakan, DPP telah menerima berkas pendaftaran para bakal calon kepala daerah  di tiga daerah di Maluku, yakni Kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, dan Maluku Barat Daya. “Lagi diproses rekomendasinya.Tahapan yang sudah dilalui, yakni psikotes, tes tertulis, dan wawancara, sekarang kita tunggu evaluasi survei,” kata Komarudin Watubun kepada Ambon Ekspres disela kunjungan kerja spesifik komisi II DPR RI di Bula, kabupaten Seram Bagian Timur, Senin (15/6).

Menyoal peluang para bakal calon, Watubun mengatakan, semua pendaftar memiliki peluang yang sama. DPP juga menaruh perhatian kepada dua pendaftar yang merupakan kader PDIP, yakni  Bupati Bursel Tagop Soulissa dan Bupati MBD Barnabas Orno. Namun, bila ada bakal calon dua daerah yang memiliki elektabilitas tinggi, maka pasti diprioritaskan. ”Kalau dari tiga daerah itu, dua diantaranya, kan kader yang merupakan incumbent,  jadi kita lagi lihat mana yang berpeluang untuk menang. Kalau surveinya nggak memenuhi, kan diperitmbangkan lagi,” tandasnya.

Wakil ketua bidang pemenangan pemilu (Bapilu) DPD PDIP Maluku, Thobyhend Sahureka memastikan, dalam pekan ini DPP PDIP  memutuskan balon Bupati dan Wakil Bupati di Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Seram Bagian Timur,dan Aru. “Rencananya pekan ini sudah diputuskan,” kata Sahureka kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Soal siapa balon Bupati dan Wakil Bupati yang paling berpeluang diusung DPP PDIP, dia enggan berkomentar panjang lebar. Hanya saja, dia menegaskan, siapapun yang diputuskan seluruh kader menyatu untuk memenangkan pasnagan yang diusung.

Meski Sahureka enggan memastikan siapa balon yang diusung, namun peluang incumbent di MBD dan Bursel diusung DPP PDIP sangat terbuka. “Sudah pasti Bupati MBD, Barnabas Orno dan Bupati Bursel, Tagop Soulisa diusung. Ini karena mereka (Orno dan Solisa) kader. Kalau Wakil Bupati pendamping Orno dan Soulisa kita belum memastikan,” kata sumber Ambon Ekspres, kemarin.

Di tempat terpisah, Wakil ketua Bapilu DPD Gerindra Maluku, Eki Sairdekut mengaku, hingga kini DPP Gerindra belum memutuskan balon Bupati dan Wakil Bupati MBD dan Bursel. Sebelumny DPP Gerindra telah mengeluarkan rekomendasi bagi balon Bupati dan  Wakil Bupati Aru dan Seram Bagian Timur.

Soal siapa balon Bupati dan Wakil Bupati yang berpeluang diusung, Sairdekut yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Maluku ini enggan memastikan. Dia juga menepis informasi yang kalau balon Bupati MBD, Johanis Letelay bakal diusung. Dia hanya mengaku. “DPP hingga kini belum putuskan siapa yang diusung. Nah, kalau sudah ada rekomendasi DPP akan menyampaikan kepada DPD,” terangnya.

Sekretaris DPW NasDem Maluku, Abdullah Marasabessy mengaku, DPP NasDem belum mengeluarkan rekomendasi. Dia perkirakan pekan depan rekomendasi dikeluarkan. “Mungkin Korwil DPP NasDem datang baru sampaikan. DPW belum dapat info pasti. Prosesnya hanya dihadiri Ketua DPW NasDem Maluku,” kata Marasabessy.

Ketua DPW NasDem Maluku,  Hamdani Laturua ketika dihubungi enggan berkomentar soal kapan rekomendasi dikeluarkan termasuk siapa balon Bupati dan Wakil yang berpeluang di usung MBD, Bursel, Aru, dan SBT. “Belum,” kata Laturua kepada Ambon Ekspres melalui pesan pendek, kemarin.

Sekedar tahu, PKPI lebih dulu mengeluarkan rekomendasi bagi Barnabas Orno dan Benyamin Noach di Pilkada MBD. Kemudian diikuti oleh Gerindra. Gerindra telah mengeluarkan rekomendasi untuk Mukti Keliobas-Fachry Alkatiry di Pilkada SBT dan Abraham Gainau dan wakilnya di Pilkada Aru.  PKB juga mengeluarkan rekomendasi bagi Tagop Soulisa-Ayub Saleky untuk Pilkada Bursel dan Siti Umariah Syarifudin Goo di Pilkada SBT. Terakhir PKB memutuskan Obed Barends dan Elisa Lazarus Darakay di Pilkada Aru.(JOS)

Most Popular

To Top