Pentingnya Sentuhan Pemerintah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Pentingnya Sentuhan Pemerintah

DUNIA industri musik Indonesia memang sangat menjadi sebuah trending topic sejak era70-an. Seiring perubahan zaman, musik di Indonesia saat ini sangat berkembang dengan cepat.

Sama halnya dengan perkembangan musik dengan genre (aliran)  Musik Pop di Kota Ambon. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculan grup band lokal untuk genre pop tersebut.

” Di Ambon, perkembangan band lokal dengan kreativitas dalam hal mengaransemen lagu daerah menjadi lagu Pop semakin baik. Salah satunya  band lokal yang dikenal Loleba,”ungkap salah satu musisi asal Maluku, Novri Lekahena kepada koran ini, kemarin.

Jebolan Bintang Radio Ambon tahun 2008 ini menilai, banyak band-band lokal yang bisa ditampilkan atau didukung kreativitasnya untuk menunjang perkembangan musik di daerah ini.

“Dukungan dari pemerintah untuk perkembangan band lokal juga perlu, karena band lokal bisa jadi barometer musik untuk daerah ini. Sehingga Ambon City Of Music tidak menjadi slogan kosong,”ungkapnya.

Misalnya, dalam event pemerintah daerah seperti Pesta Teluk, band-band lokal inilah patut untuk dilibatkan.Selain itu,penghargaan terhadap musisi pun sangat berkurang.

“Bagaimana musik mau maju dan berkembang, kalau kualitas dan potensi musisi lokal tidak dipakai atau tidak  dihargai sama sekali,”tandasnya.

Ditanyakan apakah musisi lokal kurang kreatif sehingga dipandang sebelah mata?, dia menjelaskan, kreativitas itu bisa dipicu, salah satunya dengan cara memberikan penghargaan yang layak, memberikan kesempatan untuk musisi tersebut berkembang.

“Oleh sebab itu, pemerintah harus bisa melihat musisi lokal untuk perkembangan musik kedepannya lebih baik,”tutur pemenang ketiga bintang radio tingkat Nasional tahun 2013 ini. (IWU)

Most Popular

To Top