Studi Ungkap Berat Badan Berlebih Tingkatkan Risiko Kanker pada Wanita – Ambon Ekspres
Kesehatan

Studi Ungkap Berat Badan Berlebih Tingkatkan Risiko Kanker pada Wanita

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, sebaiknya segera pertimbangkan untuk mulai mengubah pola hidup sehat ya. Sebab sebuah studi mengungkapkan risiko kanker pada wanita meningkat seiring dengan pertambahan berat badannya lho.

Ya, sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal JAMA Oncology ini menyebutkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki peningkatan risiko untuk terkena kanker payudara setelah menopause. Hal ini didapat jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

“Ini mungkin bisa menjadi peringatan bagi wanita, sebab berat badan adalah suatu hal yang bisa diubah dan diperbaiki,” tutur ketua penelitian ini, Marian Neuhouser, dari The Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle.

Dalam studi ini, Neuhouser dan rekan-rekannya menganalisis data dari studi jangka panjang Women’s Health Initiative. Mereka mengamati data dari 67.142 wanita pasca-menopause berusia 50-79 tahun dari seluruh Amerika Serikat.

Setelah diikuti perkembangan kesehatannya, secara keseluruhan terdapat 3.388 kasus kanker payudara yang terdeteksi beberapa tahun selanjutnya, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Senin (15/6/2015).

Setelah para peneliti mengamati subtipe kanker payudara tertentu pada responden, mereka menemukan bahwa wanita yang obesitas 86 persen lebih mungkin untuk terdiagnosis dengan kanker payudara, jika dibandingkan dengan wanita yang berat badannya normal.Menurut tim peneliti, hal ini berkaitan erat dengan hormon estrogen dan progesteron.

Namun meskipun demikian, Neuhouser mengungkapkan bahwa untuk ke depannya masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna mencari tahu apakah secara khusus menurunkan berat badan lantas mengurangi risiko kanker payudara bagi wanita. (ajg/vta)

Most Popular

To Top