Benarkah Olahraga Bisa Membuat Anda Lebih Cerdas? – Ambon Ekspres
Kesehatan

Benarkah Olahraga Bisa Membuat Anda Lebih Cerdas?

SAINS telah membuktikan bagaimana olahraga bisa menurunkan berat badan serta mengurangi risiko mengembangkan beberapa penyakit kronis.

Tetapi apakah olahraga bisa juga meningkatkan kesehatan otak Anda dan membuat Anda lebih cerdas?

“Olahraga bisa merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru di hippocampus, dan karena hippocampus penting untuk memori jangka panjang dan imajinasi, kami menemukan bahwa olahraga bisa meningkatkan tidak hanya fungsi memori, tetapi kreativitas,” kata ilmuwan syaraf dan profesor di New York University, Dr. Wendy Suzuki, seperti dikutip dari Fox News.

“Olahraga membantu memori dan suasana hati,” imbuh Dr. Wendy.
Kebanyakan penelitian tentang efek latihan telah dilakukan pada orang tua, namun Wendy melihat apakah latihan bisa mengubah otak orang dewasa muda dan sehat. Dia kemudian melakukan penelitian terhadap mahasiswanya di NYU.

Setelah mendapatkan sertifikasi sebagai instruktur kebugaran, Wendy kemudian meminta mahasiswanya untuk aktif dalam proses penelitian yang dia lakukan. “Saya mengajar mereka latihan aerobik selama satu jam dan satu jamnya lagi mengadakan diskusi tentang apa efek melakukan olahraga terhadap otak mereka,” katanya.

Wendy juga menguji peserta muda dengan tugas memori-encoding pada awal dan akhir kursus. Tugas ini dirancang untuk menunjukkan fungsi satu bagian dari hippocampus.

“Saya memberikan mereka tugas memori menantang yang meminta mereka untuk membedakan antara beberapa objek serupa. Saya menemukan bahwa selama satu semester mengadakan program peningkatan latihan di kelas saya mampu meningkatkan waktu respon mereka jika diberi pertanyaan dan mereka menjawabnya dengan benar,” tuturnya.

Dengan kata lain mahasiswa yang menjawab dengan benar adalah mereka yang mengikuti kelas latihan. Meskipun penelitiannya kali ini difokuskan pada siswa muda namun secara keseluruhan berolahraga bisa meningkatkan kesehatan otak pada usia berapa pun.

“Anda tidak perlu menjadi seorang atlet triatlon untuk mendapatkan manfaat olaharaga pada otak Anda. Tidak peduli apa usia Anda, tidak peduli apa status kesehatan Anda, Anda bisa mendapatkan manfaat dari melakukan olahraga,” pungkasnya.(fny/jpnn)

Most Popular

To Top