Saatnya Regenerasi di Tubuh PAN Maluku – Ambon Ekspres
Politik

Saatnya Regenerasi di Tubuh PAN Maluku

Suatrat Dijagokan Geser Mahulette

AMBON,AE— Suhu politik menjelang Muswil PAN, mulai memanas. Ini setelah sejumlah kader mulai dijagokan merebut kursi Ketua DPW PAN Maluku yang diduduki Ramli Mahulette. Tujuanya, ingin regenerasi sesuai tradisi di partai yang dibesarkan Amien Rais itu.

Sekretaris DPW Gerakan Muda Nasional PAN Maluku Patty A Uar mengatakan, regenerasi kepemimpinan PAN merupakan ijtihad politik. Regenerasi ini harus konsisten untuk tujuan-tujuan yang idealis dan realistis. “Jika partai ini ingin sukses di Pemilu 2019, maka harus ada regenerasi kepemimpinan,”ungkap Patty kepada Ambon Ekspres via blackberry messanger (BBM), Sabtu (20/6).

Menurut dia, salah satu figur yang mampu membawa regenerasi PAN Maluku adalah M Hasan Suatrat. Suatrat yang sekarang menjabat ketua DPD PAN Kota Ambon. Suatrat menurut dia,  merupakan representasi dari kader muda yang menginginkan regenerasi kepemimpinan. “Alasan, beliau (Suatrat) mewakili kalangan muda, maka akan mampu mendongkrak kinerja PAN Maluku di tahun-tahun mendatang. Pergantian kepemimpinan adalah langkah awal pembenahan partai,”terangnya.

Soal peluang Suatrat merebut kursi ketua DPW PAN Maluku, dia mengaku, sangat terbuka. Hal ini dapat digambarkan dari dukungan yang terus mengalir dari ketua-ketua DPC dan organisasi sayap PAN. “Bahkan beliau (Suatrat) sudah kantongi hampir 50 persen suara di tingkat DPC. Dan organisasi sayap partai pun beramai-ramai menyatakan dukungan kepada Hasan Suatrat. Dukungan itu didasari keyakinan bahwa sosok Suatrat mampu membesarkan PAN di Maluku,”akunya.

Sementara itu ketua POK DPD PAN Maluku Tenggara Barat (MTB) Jems Luturmas menambahkan, wajibnya hukum pada Muswil terjadi regenerasi. Ini penting agar terciptanya perubahan tata kelola partai lebih baik, dimanis, aspiratif, demokratis serta jauh dari manajemen partai yang sengkarut. “Kami berharap agar pemimpin PAN Maluku kedepan, diisi oleh figur yang mendedikasikan jiwa raganya untuk seluruh kader PAN dan figur itu ada pada Hasan Suatrat,”kata Luturmas.

Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW PAN Maluku Salim Samsudin yang diinformasikan ikut bertarung merebut kursi ketua DPW PAN Maluku, mengapresiasi seruan regenerasi di PAN. ‘’Saya juga sangat setuju regenerasi dan revitalisasi adalah hal yang lumrah demi kemajuan dan kebesaran PAN. Boleh dilihat Ketua Umum DPP PAN, Amien Rais, Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa. Semua pimpin hanya satu periode. Dan itu harus turun sampai ke DPW,”kata Samsudin melalui pesan pendek. (TAB)

Most Popular

To Top