Sektor Perikanan Mulai Bergairah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Sektor Perikanan Mulai Bergairah

Umasugi: Produksi Ikan Sudah Mulai Bagus

Sektor perikanan di Kabupaten Buru dalam beberapa bulan terakhir mulai menunjukkan perkembangan yang positif. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan ekspor ikan di cold storage Masarete.

Cold storage Masarete yang berlokasi di Kecamatan Kaeyeli itu menampung hasil tangkapan nelayan di Kabupaten Buru. Dan sejak Januari 2015 hingga sekarang sudah beberapa kali melakukan ekspor.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buru, Adam Umasugi, mengatakan, cold storage yang belum lama beroperasi ini telah menunjukan hasil yang baik dan memproduksi ikan dengan jumlah yang cukup banyak.

“Sudah beberapa kali mereka (pihak pihak cold storage) melakukan pengiriman ikan pelagis ke Jakarta. Ini menandakan produksi ikan di Buru itu sudah mulai bagus,” ujar beberapa waktu lalu.

Sebelumnya ia sudah optimis, setelah mengaktifakan kembali cold storage yang sudah bertahun-tahun tidak diaktifkan karena rusak itu akan membuahkan hasil yang baik.

“Sewaktu usaha untuk mengaktifkan cold storage itu, saya mendapat banyak masukan yang pada ujungnya membuat saya pesimis. Namun, karena semangat yang besar dan dukungan dari semua pihak, maka saya terus berusaha untuk mengaktifkan kembali cold storage yang merupakan aset besar Kabupaten Buru.

Dan kini, aset besar itu tengah berproses untuk menjadi lebih besar lagi dan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Buru,” jelas Adam.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mengaktifkan cold storage itu, ia harus berulangkali mendapat penolakan dari beberapa pengusaha ikan yang ingin dijadikan pihak ketiga. Namun, berkat dukungan banyak pihak, terutama dari Bupati Buru Ramli Umasugi, ia berhasil membuat kerja sama dengan PT. Selayar Indo Perkasa, dimana perusahaan tersebut kini diberi kepercayaan untuk mengolah cold storage tersebut.

Dikatakan, cold storage yang baru diaktifkan itu mampu memproduksi 60 ton ikan, ikan-ikan yang diproduski di Kabupaten Buru itu akan dikemas dalam kemasan yang bagus dan dikirim ke Jakarata. “Tapi kedepan akan diusahakan produksi ikan bisa mencapai 100 ton,” ujarnya.

Cold storage yang ada di Desa Masarete itu sudah kurang lebih 12 tahun vakum atau tidak diaktifkan, dimana resmikan sejak tahun 2003. Kemudian pada tahun 2007 dilakukannya produksi ikan, namun sangat disayangkan, produksi tersebut gagal. Sejak saat itu tidak ada kegiatan di cold storage sampai akhirnya tahun 2014 PT Selayar Indo Perkasa menanganinya sebagai pihak ketiga.

Adam mengatakan, dirinya akan terus berusaha agar  perikanan di Kabupaten Buru terus berkembang dengan sangat pesat. Lanjutnya,  rencana mina politan di Kabupaten Buru dengan melakukan budidaya dan penambakan ikan di cold storage akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Bukan hanya peningkatan hasil produksi, sekarang sudah banyak karyawan yang direkrut oleh pihak perusahaan. Karena selain melakukan penampungan dan pengepakan ikan, juga disini dilakukan membuatan es balok untuk didistribusi ke nelayan dan pedagang ikan di Namlea. (CR8)

Most Popular

To Top