Stok Daging Sapi Dipastikan Aman – Ambon Ekspres
Amboina

Stok Daging Sapi Dipastikan Aman

AMBON, AE.—Memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri tahun 2015 ini, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Maluku memastikan stok daging sapi di Kota Ambon relatif stabil dan mencukupi kebutuhan konsumen.

“Terkait  ketersedian daging sapi selama Ramadhan dan lebaran nantinya, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Maluku telah mengantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan dan dapat memenuhi permintaan masyarakat yang kian meningkat dibanding hari biasa,” ungkap Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ahmad Attamimi, kepada koran ini di ruang kerjanya, Jumat (19/6).

Menurutnya, Maluku jika dibandingkan dengan provinsi lain mengenai ketersediaan daging sapi jelang hari raya keagamaan masih terus berjalan baik hingga saat ini.

“Untuk tiap tahunnya, daging sapi yang disediakan jelang hari raya keagamaan sebanyak 1.699 ton. Dengan persediaan yang terbukti dari tahun ke tahun, kebutuhan akan daging sapi selalu terpenuhi. Bahkan, stok yang disediakan melebihi dari kebutuhan konsumen,”ujarnya.

Dia juga menjelaskan, dalam memasuki hari-hari raya besar keagamaan, disetiap tahun tentu dari dinas terkait mengadakan koordinasi dengan pemerintah provinsi, kota, maupun kabupaten serta para peternak yang sebagian besar dari Pulau Buru dan Seram, untuk mengantisipasi  terjadinya kekurangan pemasokan ternak dan sejauhmana mempersiapkan stok daging bagi konsumen.

“Ketersedian stok daging sapi ini dikatakan mencukupi hingga lebaran nanti, karena adanya kerja sama yang baik dengan semua pihak. Dan bukan hanya mengenai ketersediaan stok.Namun, pemantauan terhadap kesehatan ternak juga terus dilakukan, sehingga daging yang disediakan layak untuk dikonsumsi masyarakat,”jelasnya.
Selain itu, lanjutnya, pantauan untuk harga di pasaran juga rutin dilakukan, karena tidak menutup kemungkinan harga daging akan naik saat perayaan hari-hari besar keagamaan seperti sekarang.

“Kami juga berharap, para pedagang jangan menggunakan momen seperti ini untuk menaikkan harga daging hingga timbul kesulitan bagi masyarakat. Apalagi, permintaan masyarakat yang kian meningkat. Stok memang mencukupi namun jika harga terus naik, tentu akan menjadi kendala bagi para konsumen,”tandasnya.

Terkait dengan ketersedian daging sapi, lanjut Attamimi, pemantauan juga dilakukan untuk ketersedian ayam pedaging, ayam petelur dan telur sendiri untuk Maluku.

“Untuk Provinsi Maluku, telur ayam yang disediakan sebanyak 156.776.738 juta butir per tahun.Daging ayam beku sebanyak 5.000.967 juta kg atau 5,9 ton per tahun dan daging sapi 1.699 ton per tahun. Ketersedian kebutuhan masyarakat Maluku akan komoditas tersebut dipastikan aman dan dapat mencukupi kebutuhan di daerah ini,”tuturnya. (IWU)

Most Popular

To Top