Kasus Penyelewengan Uang Parkir Segera Dituntaskan – Ambon Ekspres
Amboina

Kasus Penyelewengan Uang Parkir Segera Dituntaskan

AMBON, AE.—Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon saat ini tengah merampungkan berkas tersangka mantan kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Harman Sahupala guna diproses ke pengadilan. Diperkirakan, dalam waktu dekat berkas Sahupala bakal rampung.

Seluruh pemeriksaan saksi telah dilakukan. Kini, penyidik masih merampungkan berkas Harman Sahupala untuk diproses ke tahapan selanjutnya.

“Kita masih rampungkan berkasnya. Mungkin dalam waktu dekat sudah selesai,” kata Kasipidsus Kejari Ambon, Marvie de Queljoe kepada koran ini, kemarin.

Dikatakan, jika telah rampung, maka penyidik siap limpahkan berkas mantan kepala UPTD parkir itu kepada JPU dalam bentuk tahap I. Kemudian, berkas itu akan diteliti JPU. “Yang pasti jika berkasnya sudah rampung, maka akan dilakukan pelimpahan ke tahap I dari jaksa penyidik ke JPU untuk diteliti, “jelasnya.

Nantinya, lanjut dia, penyidik dan JPU akan berkoordinasi apabila berkas Sahupala telah dilimpahkan. Olehnya itu, penyidik maupun JPU akan bekerja secara profesional, guna memproses kasus itu hingga ke pengadilan.

Marvie juga menambahkan, hingga kini belum ada keterlibatan pihak lain. Karena dari hasil penyelidikan maupun penyidikan, belum ada bukti yang mengarah pada pihak lain. Selain itu, jaksa masih fokus untuk menyelesaikan berkas Sahupala. “Untuk saat ini belum ada tersangka lain, “tandasnya.

Untuk diketahui, penyelewengan dana retribusi parkir di Dishub kota Ambon ini, mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 400 juta.

Hasil itu ditemukan oleh tim Inspektorat Kota Ambon. Atas dasar itulah, tim inspektorat menyerahkan laporan itu ke Walikota Ambon, yang kemudian dilimpahkan kepada pihak Kejari Ambon untuk ditelusuri.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan, jaksa menetapkan Harman Sahupala sebagai tersangka sejak 2014 tahun lalu. (AFI)

Most Popular

To Top