NasDem-Hanura Belum Tahu Keluarnya Rekomendasi – Ambon Ekspres
Trending

NasDem-Hanura Belum Tahu Keluarnya Rekomendasi

AMBON, AE— DPW Partai Nasional Demokrat  Maluku NasDem dan DPW Partai Hati Nurani Rakyat Maluku, belum mengetahui keluarnya rekomendasi. Meski demikian, kedua partai ini mengaku, penetapan pasangan calon yang mendapatkan restu partai, menjadi kewenangan DPP.

”Belum ada rekomendasi,”kata Ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Laturua melalui pesan pendek kepada Ambon Ekspres, kemarin, ketika dikonfirmasi soal keluarnya rekomendasi NasDem kepada empat kandidat kepala daerah di Maluku yang akan menggelar pilkada serentak.

Laturua belum memastikan kapan rekomendasi dikeluarkan, tak hanya  balon bupati dan wakil bupati SBT, namun tiga kabupaten lainnya. “Semua informasi itu belum pasti. Kami di DPW saja belum tahu, sehingga tidak bisa mengiyakan atau membenarkan informasi-informasi tersebut,” ungkap Hamdani.
Dia mengatakan, rekomendasi untuk bakal calon bupati dan wakil bupati SBT, Maluku Barat Daya, Aru, dan Buru Selatan baru akan diserahkan secara resmi 30 Juni. Namun, ia juga belum memastikan hingga kemarin sudah ditandatangani oleh DPP NasDem atau belum.

“Tanggal 30 Juni baru dilakukan penyerahan. Soal penandatanganan juga belum saya ketahui. DPW belum diberitahukan,” tambahnya.
Sekretaris DPW NasDem Maluku, Abdullah Marasabessy enggan berkomentar soal balon pasangan yang diusung. ”Kita belum umumkan.

Ditakutkan balon yang disampaikan beda dengan putusan DPP. Nanti, kita akan rapat untuk bahas termasuk pasangan yang diusung,”jelas Marasabessy kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Anggota Fraksi NasDem DPRD Maluku, Semi Letelay mengaku, DPW NasDem Maluku sementara menggelar rapat untuk menyikapi sejumlah persoalan termasuk Pilkada. ”Memang kita belum tahu siapa yang diusung. Tapi, DPW sementara rapat. Mungkin salah satunya bahas Pilkada. Nah, kalau rekomendasi sudah keluar kita sudah tahu,” kata dia.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, DPP NasDem telah menggelar rapat dan memutuskan, Siti Suruwaky-Syarifudin Goo untuk Pilkada Seram Bagian Timur, Johan Gonga-Muin Sogalrey untuk Pilkada Aru,  Nikolas Kilikily-John Frans untuk Pilkada Maluku Barat Daya, dan  Tagop Solisa-Ayub Saleky untuk Pilkada Buru Selatan.”DPP NasDem pekan kemarin melalui rapat pleno telah memutuskan empat balon pasangan di 4 kabupaten yang akan menggelar Pilkada,”kata sumber Ambon Ekspres, kemarin.

Anggota Tim Penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) provinsi Maluku Boby Tianotak, menyampaikan hal senada. DPD maupun tim penjaringan kata dia, menyerahkan semuanya ke DPP. “Kami belum tahu kepada pasangan mana rekomendasi diberikan. Prosesnya masih di DPP. Kita tunggu saja. Mungkin dalam waktu dekat sudah dikeluarkan,”ujar Tianotak.

Soal klaim tim Pemenangan pasangan Sitti Umuriyah Suruwaky dan Ongen Goo bahwa telah mengantongi rekomendasi Hanura, mantan ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon menilai, wajar saja. Pasalnya kata dia, semua calon yang mendaftar di Hanura memiliki peluang yang sama.

“Kami kaget juga ketika ada yang klaim bahwa rekomendasi Hanura diberikan kepada Ibu Sitti dan Ongen Goo, sementara kami saja belum tahu. Itu tidak benar. Tapi tak mengapa dan itu wajar. Dan para kandidat yang kami kirimkan berkas mereka, memang punya peluang yang sama untuk direkomendir,” katanya.

Khusus untuk Pilkada SBT, lanjut dia, prosensya di DPP sejak awal medio Juni ini. ‘’Sudah diteken atau belum. Katanya di ibu Sitti hanya saja kami sendiri tidak tahu. Jadi kalau klaim itu tidak benar. Karena belum ada informsi jelas.  Kemarin-kemarin katanya ada klaim bahwa ada di ibu Sitti.  Semua paluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi. Jadi kalau ada klaim itu wajar-wajar saja,” sebutnya. (JOS/TAB)

Most Popular

To Top