Sebagai Provinsi Kepulauan, GMGM Penting – Ambon Ekspres
Pendidikan

Sebagai Provinsi Kepulauan, GMGM Penting

Program Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dicanangkan Menteri Pendidikan Nasional Anes  Baswedan mendapat respon positif dari Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Buru Selatan, Semi Tuhumuri.

“Pada prinsipnya program GMGM sangat penting dan memberikan dampak yang positif,” ungkapnya kepada koran ini di ruang kerjanya kemarin.

Orang nomor satu di kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah ini mengaku wilayah Maluku terdiri dari ribuah pulau yang kecil dan besar. Belum lagi perpustakaan yang memiliki benang merah dengan pendidikan belum terjangkau dengan baik pada sejumlah wilayah yang ada di Maluku ini.

Olehnya itu dengan GMGM, masyarakat yang tinggal pada wilayah-wilayah yang belum memiliki sarana perpusatkaan  bisa meluangkan waktu mereka untuk  membaca termasuk membaca di koran terutama Ambon Ekspres lewat program GMGM,” ungkapnya.

Kata dia, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah  Kabupaten Buru Selatan  tidak akan tinggal diam dalam merespon program GMGM yang dinilai sangat membantu masyarakat, kaum pelajar dan mahasiswa untuk memiliki pengetahuan dan kercerdasan yang tinggi.

Apalagi Pemerintah Bursel juga merespon dengan positif program ini, dengan melakukan kerjasama yang baik bersama Pemerintah Provinsi Maluku, Dinas Pendidikan bersama Ambon Ekspres dalam mewujudkan program GMGM di Maluku.

”Sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah tidak akan tinggal diam, tetapi akan berupaya agar program GMGM ini bisa diimpelentasikan di semua lapisan masyarakat termasuk sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Buru Selatan,” janjinya.

Dikatakannya, membaca memberikan banyak manfaat dalam hidup dan kehidupan, karena dengan membaca seseorang dapat mengembangkan dirinya, memiliki wawasan dan jati diri yang luas, karean bisa mengembangkan apa yang dibaca dan menjadi orang yang pintar.

“Tahun ini dalam masa orientasi pengenalan sekolah, kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah  miliki program gerakan membaca untuk semua siswa yang ada di Kota Namrole. Kita akan pergunakan 1-2 jam disekolah untuk memberikan kesempatan untuk siswa ikut dalam program membaca,”ungkapnya.

Untuk menyuseskan program ini lanjut Tuhumuri, pihaknya telah memasukan anggaran dalam APBD Kabupaten Bursel tahun 2015. “Ini diperuntukan beberapa sekolah yang ada di Kota Namrole,”sebutnya.

Tuhumuri yang juga salah satu tenaga Pustakawan di Maluku ini  berharap, lewat program GMGM Provinsi Maluku secara umum dapat dibangun dengan baik, dan secara khusus Kabupaten Buru Selatan. (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!