Perlu Tim Terpadu Tertibkan Pasar Mardika dan Batu Merah – Ambon Ekspres
Metro Manise

Perlu Tim Terpadu Tertibkan Pasar Mardika dan Batu Merah

AMBON, AE— Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diminta untuk segera membentuk tim terpadu untuk menertibkan PKL dan menata Pasar Mardika dan Batu Merah. Pasalnya, hingga kini lapak yang dibuat pemerintah dialihfungsikan sebagai gudang penyimpanan barang dan PKL lebih memilih berjualan di badan jalan. “Ini yang sering membuat kemacetan setiap saat dan kita lihat Dishub beserta instansi lainnya tidak mampu menertibkan PKL maupun mengatur lalu lintas sekitar. Padahal setiap kita melakukan hearing dengan dishub dan lainnya kita sudah sering mengingatkan bahwa kenapa tempat lain bisa ditertibkan sementara Pasar Mardika dan Batu Merah hingga kini tidak bisa ditertibkan,” tandas anggota Komisi III DPRD Ambon, Ridwan Hasan kepada Ambon Ekspres, belum lama ini.

Dirinya menduga, jangan sampai ada keterlibatan oknum dalam penempatan lapak. Sebab banyak lapak yang sebelumnya sudah disediakan pemerintah tidak difungsikan dengan benar oleh PKL. Dengan adanya tim terpadu, kata dia, akan lebih mempermudah proses penataan PKL maupun penertiban bagi lalu lintas di lokasi tersebut.  “Pak walikota harus segera membentuk tim terpadu, sehingga keadaan pasar benar-benar ditertibkan. Kita lihat dari dulu hingga sekarang kedua pasar ini sulit ditata dengan baik. Ketika tim sudah dibentuk, maka perlu melakukan tindakan tegas bagi PKL bandel,” saran dia.

Menurut dia, Pemkot Ambon sudah harus mengambil kebijakan yang serius untuk bisa menata ulang Pasar Mardika dan Batu Merah menjadi pasar yang lebih baik bagi masyarakat. “Walikota harus melihat persoalan ini dengan serius. Banyak kebutuhan yang akan dibeli dan banyak pula yang akan terhambat dengan kondisi lalu lintas yang padat dan tidak tertata dengan baik,” pesannya.

Dirinya berharap, ada langkah yang diambil oleh Pemkot Ambon dalam melihat permasalah ini sehingga kondisi pasar maupun pengalihan fungsi lapak dan sebagainya bisa diatasi dan ditata dengan baik. Karena sudah saatnya Pasar Mardika dan Batu Merah ditata dengan baik dengan langkah-langkah ekstrim dengan kenyamanan masyarakat ketika melakukan traksaksi jual beli. “Penyelesaian harus tuntas dengan bentuk tim terpadu yakni represif. Karena uang negara itu harus dipergunakan untuk masyarakat, agar nyaman dalam berkendara. Karena ketika mereka bayar pajak itu sekaligus bayar biaya jalan. Karena ketika PKL ditertibkan maka lalu lintas akan normal kembali dan bebas dari kemacetan,” tandasnya.

Terpisah, anggota komisi III lainnya, Jacob Usmany menambahkan, tim terpadu itu sangat penting untuk dibentuk. Karena selama ini langkah penertiban PKL maupun parkiran tidak bertahan lama. Artinya upaya untuk menertibkan para pedagang di kedua pasar tersebut hingga kini belum tercapai. “Memang perlu dibuat tim terpadu. Dulu kan sudah ditertibkan oleh petugas dishub dan satpol PP, tetapi hingga kini tidak lagi. Ini terlihat, ada pembiaran bagi PKL bandel yang sengaja menggunakan badan jalan untuk menjajakan dagangannya,” jelas dia.
(ISL)

Most Popular

To Top