Kadis Pastikan Bebas Pungli! – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kadis Pastikan Bebas Pungli!

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Beny Kainama memastikan tidak ada pungutan liar (pungli) pada saat penerimaan siswa.

Pada penerimaan siswa baru dikenakan biaya seleksi sesuai dengan tingkatan sekolah yakni Tk dan SD sebesar Rp 20 ribu, SMP sebesar Rp 25 ribu dan SMA sederajat sebesar Rp 30 ribu.

“Setiap siswa harus diseleksi sehingga kita tetapkan administrasi untuk tingkat Tk sampai SMA untuk menunjang biaya seleksi,” katanya.

Menurut dia, biaya penerimaan siswa baru yang ditetapkan masing-masing sekolah sesuai petunjuk teknis dan sesuai dengan kemampuan siswa.

“Kalau ada siswa tidak mampu yang melakukan pendaftaran pada sekolah-sekolah di Kota Ambon akan diberikan keringanan agar ada laporan sebelum pendaftaran,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam penerimaan siswa baru akan diawasi ketat oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon agar, tidak ada sekolah yang melakukan pungutan liar yang mempersulit orang tua siswa, sehingga tidak ada penulisan yang macam-macam melalui media.

“Kita akan awasi agar jangan ada tagihan macam-macam. Kita juga buat standar, karena kalau tidak ada standar pasti ada tagihan macam-macam,” terangnya.(PRO2)

Most Popular

To Top