Selama Bulan Puasa Lakalantas Menurun – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Selama Bulan Puasa Lakalantas Menurun

LANGGUR,AE—Pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriah yang berlangsung di Kabupaten Maluku Tenggara hingga memasuki hari ke-14 berjalan lancar dan aman.

Keamanan dan kenyamanan yang diperoleh masyarakat muslim dalam menjalankan ibadah puasa merupakan cerminan kehidupan umat beragama di daerah yang dikenal kesakralan adat tersebut.  Namun, semuanya berkat upaya yang dilakukan pihak kepolisian setempat.

Kasat  lantas Polres Malra, AKP. M.M. Nanuru mengatakan  sejak memasuki Bulan suci ramadhan tidak terjadi lakalantas yang tergolong berat, karena pihaknya menempatkan berbagai anggota kepolisian di sejumlah titik rawan.

“Sejak memasuki Bulan Suci Ramadhan lakalantas yang terjadi menurun, hal ini karena ada penempatan personel di sejumlah lokasi yang dianggap rawan kecelakaan,”ungkap Nanuru kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Dia mengaku, selama bulan Puasa ini hanya terjadi dua lakalantas jenis ringan yang diselesaikan secara kekeluargaan.

Namun, bila dihitung sejak awal tahun hingga Juni lalu tercatat 50 kasus lakalantas di wilayah Polres Malra dengan berbagai tipe kasus, termasuk kategori kasus lakalantas yang mengibatkan 6 orang pengendara meninggal.

“Bila terhitung sejak awal tahun hingga 30 juni, diperkirakan sebanyak 50 kasus lakalantas yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia,” rinci mantan Kasatlantas Polres Seram Bagian Barat itu.

Kendati demikian, Perwira dengan tiga balak di pundak itu mengakui sejak beberapa bulan lalu terjadi salah satu lakalantas yang mengakibatkan kematian pengendara.

Kasus inipun telah diproses sesuai hukum. “Untuk penegakan hukum kasus lakalantas telah kami lakukan penanganan hukum dari TKP, tahapan penuntutan hingga kasus pada tahap II untuk disidangkan,” paparnya. (SAT)

Most Popular

To Top