Jabatan Kepsek Hanya 4 Tahun – Ambon Ekspres
Pendidikan

Jabatan Kepsek Hanya 4 Tahun

KEPALA Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benjamin Abraham Kainama, menandaskan untuk jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) baik SD/SMP maupun SMA se-derajat hanya diberikan sebagai tugas tambahan saja sesuai amanah undang-undang, dalam artian selain menjadi pemimpin dilingkup pendidikan sekolah kepsek juga berperan sebagai guru.

“Jadi bukan jabatan sesukanya duduk dan memantau perkembangan sekolah, tetapi layak mengisi materi ajar untuk mengdepankan pendidikan sekolah. Apalagi kepsek itu diangkat dan menjadi tolak ukur karena memeliki segudang ilmu pengetahuan, sehingga menjadi contoh bagi guru dan siswa,” katanya, Jumat.

Pemerintah pusat (pempus) menerapkan aturan pendidikan bersifat mengikat untuk jabatan kepsek di seluruh Indonesia, baik itu di Kota Ambon diberikan kesempatan hanya 4 tahun, selain itu akan dipromosikan menjadi pengawas.

”Guru hanya diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah sesuai aturan yang berlaku yakni 4 tahun, dan bisa diperpanjang 8 tahun jika dilihat kemampuan mengelola sekolah selama memimpin.

“Pastinya diganti sebelum masa pensiun, ini supaya ada peluang bagi guru lain menjabat kepsek, ini bukan dipandang seperti hukuman namun diangkat satu derajat untuk dipromosikan menjadi pengawas,”tuturnya.

Kainama, malah mengatakan syarat pertama menjadi pengawas minimal melewati jembatan kepsek, untuk dipromosikan sebagai pengawas.

“Masih untung ada kepsek diperpanjang selama 8 tahun, tapi ditahun ini tetap diganti bila memasuki 4 tahun, itu berlaku untuk semua sekolah di Maluku,” tambah kainama.

Untuk diketahui, pergantian kepsek biasanya setelah selesai Ujian Nasional (UN). Seluruh kepsek tahun ajaran 2015-2016 akan didata sehingga memasuki tahun ajaran 2016-2017 bisa diganti. Petunjuk Baperjakat sendiri menyebut bilamana berhenti selama 4 tahun.

”Bukan hanya berpatok pada masa akhir pensiun saja tetapi bisa diganti meskipun baru menjabat jika bermasalah hukum, seperti penyelewangan dan BOS, BSM, maupun berbentuk merugikan pendidikan langsung dicopot tanpa diberikan pengganti jabatan,” katanya. (AID)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!