Kanpel Amahai Jamin Ketersediaan Transportasi Laut – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Kanpel Amahai Jamin Ketersediaan Transportasi Laut

Masohi, AE—Kepala Kantor Pelabuhan (Kankanpel) Amahai, Robert Tohatta memastikan terjaminnya ketersediaan sarana transportasi laut untuk melayani kebutuhan masyarakat  saat Ramadhan maupun arus mudik dan balik lebaran tahun 2015.

Dipastikan, tidak terjadi penumpukan penumpang  di pelabuhan karena persoalan meningkatnya pengguna jasa angkutan laut  nantinya.  Jaminan asuransi keselamatan  bagi  pengguna jasa angkutan laut pun dipastikan tersedia.

Demikian penegasan  Tohatta kepada wartawan di ruang kerjanya menyikapi kemungkinan  terjadinya lonjakan penumpang saat Ramadhan dan arus mudik dan balik lebaran nanti. Dimana kondisi melonjaknya  jumlah pengguna jasa angkutan laut kerap tidak  terlayani secara optimal.

Baik dari sisi kenyamanan pelayaran maupun kepastian jaminan asuransi keselamatan bagi penumpang. Saat ini, kata dia, kapal cepat yang melayari rute Amahai–Tulehu dan sebaliknya hanya dua unit. Namun sejauh ini masih mampu menjamin kelancaran arus trasnportasi. Bila terjadi lonjakan, kita akan koordinasikan untuk penambahan  shift  pelayaran.

Tentang jaminan keamanan, kita sudah utus dua staf kita untuk mengawasi penjualan tiket dan registrasi penumpang dalam manifest dengan harapan semua  penumpang  terdata dan berhak menerima asuransi kecelakaan dan keselamatan pelayaran, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan  semisal kecelakaan laut,” ungkap Tohatta.

Adpel pun telah memikirkan tentang kemungkinan terburuk terputusnya jalur angkutan darat  dari Ambon ke Pulau Seram.  Terhadap kondisi ini sedianya Adpel akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam kaitannya dengan  penambahan armada transportasi guna memastikan semua penumpang dapat terlayani.

Tidak terjadi penumpukan penumpang di satu sisi dan  menjamin stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat.

”Seperti di tahun 2012 silam dimana jalur darat terputus karena banjir dan longsor,  kita akan mengambil langkah yang sama yakni, mengkoordinasikan penggunaan jasa angkutan laut  yang bisa mengangkut barang dan penumpang,” ucap mantan Tohatta.(MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!