Wattimury: Tagop-Saleky Final – Ambon Ekspres
Trending

Wattimury: Tagop-Saleky Final

AMBON,AE— Tarik menarik di internal PDIP soal pendamping Tagop Solisa di Buru Selatan, akhirnya terjawab.   Ayub Saleky dipastikan kembali mendampingi Tagop merebut Bupati dan Wakil Bupati Bursel lima tahun kedepan. Ini karena dorongan masyarakat demi kesinambungan pemerintahan di daerah itu.

Sekretaris DPD PDIP Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, Tagop-Saleky di PDIP sudah final. Dia mengaku, rekomendasi akan diberikan kepada dua calon incumbent itu dalam waktu dekat. ”Pak Tagop saat ini khan sementara di Australia. Pak Tagop bersama Bupati MBD dan Bupati MTB diundang pemerintah Australia terkait daerah-daerah perbatasan. Nah, setelah kembali baru rekomendasi diserahkan kepada pak Tagop dan pak Saleky,” kata Wattimury ketika dicegat Ambon Ekspres, kemarin.

Soal keinginan sejumlah kader PDIP di Bursel agar Sami Latbual berpasangan dengan Tagop, Wattimury mengaku, keinginan sejumlah kader itu hanya beberapa orang saja. Karenanya, dia berharap, kader PDIP di Bursel tidak memaksakan kehendak. ”Kader partai mesti disiplin tunggu putusan. Jangan paksakan kehendak,”ingatnya.

Dia mengaku, Tagop lebih memilih Saleky karena 5 tahun bersama memimpin Bursel berjalan baik. Menurut dia, keinginan Tagop kembali menggandeng Saleky agar proses pemerintahan berjalan baik demi pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. ”Tentu pimpinan Bursel itu 5 tahun belum cukup. Apalagi, kepemimpinan itu mesti berkesinambungan untuk membangun Bursel kearah yang lebih baik,”paparnya.

Wattimury mengaku, pihaknya mesti menyadari dinamika yang berkembang di Bursel. Apalagi, kata ketua Fraksi PDIP DPRD Maluku itu, berdasarkan hasil survei masyarakat menginginkan Tagop-Saleky kembali berpasangan.”PDIP mesti menyadari itu. PDIP mesti menyiapkan kadernya dari sekarang agar setelah pak Tagop dan pak Saleky selesai memimpin untuk periode kedua, kader PDIP diorbitkan untuk menggantikan mereka,” harapnya.

Wakil Ketua bapilu DPD PDIP Maluku, Thobihend Sahureka justeru memberikan pernyataan terbalik dari Wattimury. Sahureka mengaku, untuk pendamping Tagop masih didiskusikan di DPP PDIP. ”Belum serahkan rekomendasi. Pendamping pak Tagop masih didiskusikan dengan PDIP,”kata Sahureka ketika dihubungi, kemarin.

Karenanya, dia menegaskan, rekomendasi untuk Tagop dan pasanganya belum final di PDIP. ”Jadi belum final. Rencananya minggu depan diputuskan. Saya belum memastikan siapa pendamping pak Tagop. Tergantung putusan DPP PDIP,”sebutnya.

Terpisah, salah satu kader PDIP Buru Selatan yang enggan namanya diwartakan mengatakan, selama ini tidak ada kader PDIP yang menolak Saleky. Kata dia, jika ada komentara penolakan itu hanya menggunakan nama orang.”Jadi tidak benar kalau ada kader yang menolak pak Ayub mendampingi pak Tagop,”sebutnya, kemarin.

Dia berharap, semua potensi partai di Bursel merapatkan barisan memenangkan Tagop-Saleky yang diakronim TOP BU. ”Jangan sampai karena seorang Sami Latbual lalu PDIP hancur di Bursel. Kita mesti rapatkan barisan memenangkan pasangan yang diusung,”harapnya.
(JOS)

Most Popular

To Top