2 Nama, Sam Atau Thio – Ambon Ekspres
Trending

2 Nama, Sam Atau Thio

Ambon, AE— Kursi sekretaris provinsi Maluku akan mulai dilelang Agustus mendatang. Kursi ini dilirik banyak pejabat pemprov, hanya satu yang berasal dari luar. Sam Latuconsina yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Ambon, disebut-sebut bakal ikut dalam lelang ini, mengadu kemampuan dan kualitas dengan sejumlah pejabat  pemprov.

Tak semua pejabat pemprov bisa ikut dalam lelang jabatan sekprov. Selain kepangkatan, sesuai aturan mereka harus mendapat ijin dulu dari atasan langsung, dalam hal ini Gubernur. “Kalau Gubernur beri ijin untuk semua pejabat yang sudah laik ikut, bisa saja. Tapi sepertinya akan diseleksi juga oleh Gubernur,” ungkap sumber Ambon Ekspres di kantor Gubernur Maluku.

Sejumlah pejabat yang berniat ikut dalam lelang ini, seperti Mohammad Saleh Thio, Zedek Sangadji, dan Romelus Far-Far. Namun mereka juga sangat bergantung pada restu Gubernur Said Assagaff. “Saya rasa, tidak semua akan mendapat restu Gubernur,” kata sumber ini lagi.

Dari empat nama ini, Saleh Thio disebut-sebut bakal mulus ikut dalam lelang jabatan. Sementara Sam Latuconsina, tak butuh banyak hambatan untuk ikut. Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy juga dikabarkan akan member restu kepada Sam. “Tidak ada masalah,” kata Sam dalam beberapa kesempatan.

Sam sendiri, saat pemilihan Gubernur Maluku, sangat berperan besar memuluskan langkah Assagaff-Zeth Sahuburua menjadi Gubernur dan Wagub 2014-2019. “Pa Gubernur, tidak mungkin melupakan kontribusi Sam. Dan sampai sekarang, pa Gubernur sangat terbuka dengan keikutsertaan Sam dalam lelang jabatan,” ungkap orang dekat Sam Latuconsina kepada Ambon Ekspres, tadi malam.

Sampai kemarin, salah satu dari dua nama yang paling banyak diharapkan masyarakat menggantikan Ros Far-Far, yakni Sam Latuconsina dan Saleh Thio.

Keduanya orang dekat Gubernur. “Pada akhirnya, Gubernur akan memilih yang terbaik diantara keduanya,” ungkap Direktur Lembaga Pengawasan Pembangunan Maluku, Darul Kutni Tuhepaly, kepada Ambon Ekspres.

Menurut Tuhepaly, dua nama ini yang paling pantas direkomendasikan tim seleksi ke Gubernur untuk ditunjuk salah satunya sebagai sekprov. “Dari sisi kualitas, kedua-duanya sudah teruji. Soal kepangkatan dan jabatan, saya kira sudah terpenuhi. Tak ada masalah, dan laik keduanya diusulkan,” tandas Tuhepaly.

Direktur Moeri, Temmy Talaohu dalam beberapa kesempatan selalu menilai, Sam Latuconsina laik diusung. Selain karena kontribusinya secara politik kepada kemenangan Said Assagaff sebagai Gubernur, Sam juga dinilai laik dari sisi kualitas pengetahuan birokrasi. “Saya kira Sama Laik,” kata dia.

Hal berbeda disampaikan Direktur MDV, Rizal Sangadji. Kepada Ambon Ekspres beberapa waktu lalu, dia menilai Saleh Thio laik diusulkan oleh Gubernur menjadi sekprov. Selain Thio, dia juga menyebut nama Zedek Sangadji, Sam Latuconsina, maupun Romelus Far-Far.(ISL)

Most Popular

To Top