Terdakwa Idham Mengaku Nikmati Uang Raskin Rp 20 Juta – Ambon Ekspres
Metro Manise

Terdakwa Idham Mengaku Nikmati Uang Raskin Rp 20 Juta

Juga Diberikan Kepada  Siti Sakila dari LSM FIK

AMBON, AE— Sidang lanjutan kasus dugaan korupsi penyelewengan dana beras miskin (Raskin) Desa Batu Merah, kembali di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Ambon, pekan kemarin. Sidang yang dipimpin hakim ketua RA Didi Ismiatun SH, didampingi hakim anggota Heri Leliantono SH itu beragendakan pemeriksaan terdakwa Idham Samin.

Terdakwa Idham yang ketika tahun 2013 hingga 2014 menjabat sebagai pengelola raskin Desa Batu Merah ini menjelaskan, uang raskin itu diterima dirinya dari plt Desa Batu Merah, M Saleh Kiat. “Jadi uang sebesar Rp 20 juta itu, saya terima secara bertahap ketika beras sudah terjual habis,” jelasnya di hadapan majelis hakim, saat diperiksa sebagai terdakwa.

Sementara uang raskin lainnya, terdakwa berikan kepada ketua LSM FIK yang bernama Siti Nur Sakila. Sementara sisa uang raskin lainnya, tidak diketahui terdakwa.

Usai mendengar keterangan terdakwa, majelis hakim kemudian menunda sidang hingga 9 Juli mendatang. Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Asmin Hamja.

Idham Samin, merupakan pembantu kaur umum dilingkup Pemerintah Negeri Batu Merah. Dalam pengelolaan raskin, terdakwa ditunjuk sebagai pengelola. Saat diangkat sebagai pengelola, ternyata Raskin Batu Merah sudah mengalami tunggakan. Samin kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Ambon dalam kasus ini. Kerugian negara yang ditemukan jaksa sebesar Rp 115 juta. (AFI)

Most Popular

To Top