Seleksi Siswa Baru – Ambon Ekspres
Pendidikan

Seleksi Siswa Baru

SMPN 14 Ambon Gugurkan 240 Peserta 

DARI 637 siswa yang mengikuti tes di SMP Negeri 14 Ambon, sebanyak 397 siswa yang lulus sementara 240 dinyatakan gugur. Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 14 Ambon Sam Duwila kepada Ambon Ekspres usai menyampaikan arahan kelulusan,Senin (6/6), mengaku pihaknya hanya bisa menerima sesuai daya tampung ruang belajar yang tersedia 18 kelas.Ini bertanda pendidikan masih dibatasi oleh ruang belajar sehingga perlu dilirik oleh Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Dia menguraikan, 19:21 06/07/2015betapa pentingnya meteri tes yang menjadi target kelulusan yaitu Mipa, Bahasa Ingris Bahasa Indonesia dan Pengethauan Umum, justru materi tersebut yang bisa menentukan keberhasilan siswa masuk SMPN 14 Ambon. “Jadi kami menilai secara objektif sesuai kemampuan menjawab soal dengan daya dukung pengetahuan yang dipunyai siswa,”terangnya.

Untuk itu, Duwila tak berhenti terus mengapresiasi 240 siswa yang gugur alias belum jodoh bergabung masuk SMPN 14 Ambon agar bisa mendaftar  disekolah lain, tentu pendidikan tetap sama dirasakan apabila tekun dalam belajar.

Duwila sangat bangga melihat antusias para orang tua siswa yang turut menyaksikan keberhasilan anaknya masuk SMPN 14 Ambon, sayangnya ratusan siswa yang mendaftar hanya bisa menerima dibawah standar sesuai kebutuhan daya tampung ruang belajar.

“Artinya kami tidak bisa paksakan jika dibatasi hanya 18 rombel, meskipun K-13 itu menganjurkan minimal memiliki 24 rombel, namun prinsifnya membuka ruang kesempatan bagi sekolah lain,” tuturnya.

Dia juga berharap Dinas Pendidikan Kota Ambon bisa melihat kekurangan SMPN 14 Ambon terkait ruang belajar yang masih terbatas. Begitu pula harapan penuh agar siswa yang lulus seleksi bisa menjadi siswa-siswi yang tauladan demi masa depan sekolah.

”Dan yang gugur test bukan tidak beruntung, tapi ada harapan pendidikan yang pasti diraih di sekolah baik SMP swasta maupun MTs sehingga ada kolerasi pendidikan antara negeri maupun swasta,” tuntasnya. (AID)

Most Popular

To Top