SMPN 6 Ambon Terima 390 Siswa Baru – Ambon Ekspres
Pendidikan

SMPN 6 Ambon Terima 390 Siswa Baru

Penerimaan siswa baru pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Ambon mencapai 390 siswa dari 418 siswa pelamar di sekolah ini.

Kepala Sekolah (kepsek) SMPN6 Ambon Yan Mahulette, kepada Ambon Ekspres, di Balai Kota Ambon, Senin (6/7),
mengatakan, siswa yang mendaftar pada SMPN 6 Ambon lebih sedikit dibandingkan tahun ajaran 2014-2015 yang mencapai 400 siswa.

“Tahun ini jumlah siswa yang mendaftar agak menurun, hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penerimaan siswa baru pada SMPN 6 Ambon mengalami peningkatan yang cukup drastis,’’ katanya.

Penerimaan siswa baru yang dilakukan SMPN 6 Ambon berdasarkan petunjuk teknis (juknis). Meskipun, lanjut dia, penerimaan ini juga menggunakan sistem rayonisasi namun tidak menutup kemungkinan bagi siswa di luar rayonisasi untuk bersekolah pada SMPN 6 Ambon.

“Penerimaan siswa baru kita gunakan Juknis, tapi kita membuka ruang kepada siswa SD di luar rayon, karena yang kita ingin dapatkan siswa yang punya animo masuk ke ruang pendidikan dengan syarat, mereka punya bakat dan minat, prestasi di bidang seni, olahraga dan sains,’’ terangnya.

Dia mengakui, pihaknya berusaha untuk mengakomodir semua siswa, karena saat ini semua sekolah memberikan kesempatan untuk penerimaan siswa baru, sehingga masih ada siswa yang bersekolah pada sekolah-sekolah lain di Kota Ambon.

“Siswa yang mendaftar bukan pada satu sekolah tapi, banyak sekolah yang akan menerima siswa baru makanya, kita akan atur sebaik mungkin untuk penerimaan siswa baru ini,’’ tandasnya.

Dia menjelaskan, SMPN 6 Ambon menetapkan kelas khusus bagi siswa baru diantaranya, kelas akeselrasi, bilinggual, olahraga dan seni.

“Mudah-mudahan anak-anak yang masuk SMPN 6 Ambon punya keiginan keras untuk masuk SMPN 6 Ambon sehingga, sekolah dapat membina anak-anak sebagai bibit-biit yang baik agar pada tingkat atas dapat mewakili Maluku dalam setiap event,’’ terangnya.(PRO2)

Most Popular

To Top