ASDP Siapkan 12 Kapal Feri Layani Pemudik Lebaran – Ambon Ekspres
Amboina

ASDP Siapkan 12 Kapal Feri Layani Pemudik Lebaran

AMBON, AE.—PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon, Maluku, mengerahkan 12 kapal feri yang melayani sejumlah rute di musim Lebaran 2015.

Manager Usaha  PT AS- DP Cabang Ambon, Syamsudin Tanassy, mengatakan  ASDP Cabang Ambon menyiapkan 12 kapal feri untuk melayani penyebrangan saat arus mudik lebaran tahun ini.

“Dari 12 kapal yang disediakan, dua diantaranya merupakan milik PT. Panca Karya. Secara umum kami sudah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini,” katanya, Rabu (8/7)

Tanassy menyebutkan, 12 un it kapal feri yang ada, tiga diantaranya beroperasi di perairan Teluk Ambon masing-masing KMP Gabus, KMP Tenggiri dan KMP Teluk Ambon melintasi penyeberangan Pelabuhan Galala-Poka.

Sedangkan, KMP Trubuk,  KMP Tanjung Koako, KMP Inalika, dan KMP Rokatenda melayani lintasan pelabuhan  Hunimua-Waipirit.

“Lintasan penyebrangan Ga- lala-Namlea disediakan dua kapal feri, yakni KMP Temi dan KMP Wayangan. Untuk KMP Samandar disiapkan di Waii, Kailolo, Saparua dan sekitarnya, “tuturnya.

KMP Layur pun begitu, katanya, titik awal mulai dari Waileyi, bertolak ke Umneputi tanggal 13. Setelah itu menuju Kulur-Kailolo-Waai dan akan stay di Pelabuhan Wailei.

“Dermaga milik ASDP hanya lima buah, meliputi pelabuhan Desa Galala, Poka, Namlea, Hunimua dan Waiprit. Sedangkan pelabuhan penyeberang untuk kapal perintis yang bisa digunakan adalah Pelabuhan Kailolo, Umeputi dan Nalahia yang dikelola Pemkab Malteng,” ujar Tanassy.

Dia juga menambahkan, tidak ada perubahan tarif penyebarangan kapal feri selama arus mudik lebaran tahun ini. Tarif yang berlaku sesuai dengan yang dipakai saat ini.
“Sampai hari ini tidak ada perubahan tarif karena disesuaikan dengan tarif yang berlaku saat ini,”tuturnya. (IWU)

Most Popular

To Top