Gelar Juara Mayweather Saat Melawan Pacquiao Dicabut – Ambon Ekspres
Olahraga

Gelar Juara Mayweather Saat Melawan Pacquiao Dicabut

PUERTO RICO, ae.—Gelar juara dunia tinju kelas welter yang dimiliki Floyd Mayweather Jr dicabut oleh World Boxing Organization (WBO). Penyebabnya, Mayweather dianggap tidak mematuhi aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan WBO soal jatah sabuk juara.

Organisasi tinju dunia itu memiliki aturan bahwa petinju yang mempunyai beberapa gelar juara dunia dari kelas berbeda harus melepas sabuk juara lainnya yang dia punya. Hal itu ditujukan agar petinju lain memiliki kesempatan untuk merasakan gelar juara dunia.

“Komite kejuaraan dunia WBO tidak mengakui Floyd Mayweather Jr sebagai juara dunia WBO kelas welter dan kami meniadakan gelarnya karena gagal memenuhi peraturan dalam konteks kejuaraan dunia,” demikian bunyi pernyataan WBO, seperti diberitakan oleh Sindonews.com, Selasa (7/7/2015).

“Kami menghormati segala pencapaian yang sudah diraih Floyd Mayweather Jr. Dia sudah setuju dan paham bahwa harus tunduk serta patuh terhadap peraturan yang kami tetapkan,” sambung penyataan tersebut.

Gelar juara dunia kelas welter yang diambil WBO merupakan hasil pertarungan Mayweather Jr melawan Manny Pacquiao pada 3 Mei 2015. Saat itu, Mayweather Jr  menang angka dari petinju kebanggsaan Filipina tersebut.

Awalnya Mayweather Jr sempat berjanji bakal melepas salah satu gelar yang dimilikinya. Namun hingga batas waktu yang sudah ditentukan, petinju berusia 38 tahun itu tak juga mematuhi peraturan WBO.

Kini Mayweather Jr harus rela koleksi sabuknya berkurang. Petinju yang belum terkalahkan dalam 48 pertarungan itu akhirnya tinggal memiliki gelar juara dunia kelas WBA dan WBC. (Bagusthira Evan Pratama/Sindonews.com).(web)

Most Popular

To Top