Agar Tak Cepat Pikun, Yuk Mulai Kontrol Gula Darah – Ambon Ekspres
Kesehatan

Agar Tak Cepat Pikun, Yuk Mulai Kontrol Gula Darah

Kadar gula darah yang terus tinggi akibat diabetes tak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius. Salah satunya adalah ancaman penyakit demensia.

Kadar gula tinggi dikatakan peneliti dari Harvard Medical School dapat merusak aliran darah ke otak dan memengaruhi kemampuannya. Dalam jangka waktu lama hal ini dilaporkan bisa meningkatkan risiko seseorang alami demensia atau pikun sampai 75 persen.
Studi menunjukkan dampak dari gula darah tak terkontrol ini bisa mulai terlihat setelah dua tahun. Dari 40 peserta penelitian oleh tim Harvard, 19 di antaranya yang mengidap diabetes tipe 2 terbukti memiliki skor lebih rendah ketika dilakukan tes kognitif.
Pembuluh darah otak orang yang gula darahnya tak terkontrol tidak dapat mengembang dan berkontraksi untuk beradaptasi terhadap beban pekerjaan mental.
Studi lainnya oleh National Taiwan University baru-baru ini juga menunjukkan hal yang sama. Tinjauan selama 12 tahun pada sekitar 400 ribu orang dengan diabetes menemukan sekitar 6,2 persennya setelah beberapa waktu mengidap demensia.
“Kami menemukan saat diabetes semakin berkembang dan individu alami berbagai komplikasi, risiko demensia juga ikut meningkat,” kata salah satu peneliti Wei-Che Chiu seperti dikutip dari jurnal Clinical Endocrinology & Metabolism, Sabtu (11/7/2015).
Chiu mengatakan semakin banyak bukti yang menguatkan bahwa gula darah dan demensia memiliki hubungan. Oleh karena itu seseorang disarankan untuk mengecek dan mengontrol gula darahnya agar terhindar dari risiko berbagai komplikasinya.
“Mengelola penyakit ini bisa mencegah munculnya demensia di kemudian hari,” pungkas Chiu. (fds/up)

Most Popular

To Top