Ambon Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan HUT RI – Ambon Ekspres
Amboina

Ambon Terpilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan HUT RI

Kota Ambon terpilih sebagai salah satu lokasi pelaksanaan HUT RI ke-70 secara nasional. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Hendry Sopacua.

Menurutnya dari sekian daerah yang ada di Indonesia, Kota Ambon akan dijadikan lokasi penanaman terumbu karang di dasar laut mewakili kawasan Indonesia Timur. Untuk wilayah Indonesia Barat di wakili oleh Sabang dan Indonesia Tengah diwakili oleh Manado.
Penanaman terumbu karang tersebut akan melibatkan sekitar 200 orang penyelam dari Korps Marinr TNI Angkatan Laut. “Pada pelaksanaan HUT RI ke-70 nanti akan dialsakanakan penanaman terumbu karang di dasar laut. Kot Ambon terpilih sebagai salah satu lokasinya,” kata Sopacua.
Penanaman terumbu karang tersebut akan disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun TV swasta nasional dan akan diadakan telekonfrensi langsung antara Presiden Joko Widodo dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon.
“Jadi presiden akan mengikuti secara langsung proses penanaman terumbu karang tersebut. sehingga saat ini tengah dilakukan survey lokasi untuk under water, di depan kediaman Panglima Kodam XVI/Pattimura di kawasan Air Salobar, kelurahan benteng,” ujarnya.
Dia menjelaskan, terpilihnya Kota Ambon sebagai salah satu lokasi acara HUT RI tersebut karena Prosediden Joko Widodo tertarik dengan keindahan teluk Ambon saat membuka Rapat Kerja APEKSI beberapa lalu di Kota Ambon.
“Banyak orang yang tertarik dengan keindahan Teluk Ambon, makanya kita harus menjaga kebersihan Teluk Ambon agar, dapat menyenangkan tamu-tamu yang ada,” terangnya.
Selain melakukan penanaman terumbu karang, katanya, juga akan diadakan kolaborasi lagu kebangsaan dan lagu daerah yang akan dilakukan pada lokasi semenanjung Nusaniwe, Teluk Ambon dan di lokasi Gong Perdamaian Dunia (GPD). Hal tersebut dibuat untuk menyemarakkan HUT RI.
“Kegiatan-kegiatan ini akan mendapat perhatian semua orang makanya, dukungan masyarakat sangat penting,” tandasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top