Komisi A Kawal Pelantikan Raja Wakal – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Komisi A Kawal Pelantikan Raja Wakal

Masohi,AE—Ketua Komisi A, Wahid Laitupa memastikan proses pelantikan raja Wakal Kecamatan Leihitu dapat diproses dalam waktu dekat. Ini setelah komisi melihat tidak ada persoalan lagi yang dapat merintangi proses pelantikan. “Proses demokrasi di tingkat negeri sudah selesai. Tidak ada  persoalan lagi karena itu komisi berprinsip akan mendorong percepatan proses pelantikannya,” kata Laitupa.

Penegasan ini disampaikan Laitupa merujuk dari  hasil pertemuan komisi A dengan  komponen masyarakat dan saniri negeri Wakal, Senin (13/7). “Dari hasil pertemuan tadi, ternyata tidak ada alasan yang bisa menghambat atau bahkan membatalkan proses pelantikan terhadap raja Wakal atas nama Ahja Suneth,” beber Laitupa.
Dari pertemuan tersebut, diketahui bahwa memang ada  dua kubu yang berproses di tingkat mata rumah saat penetapan calon. Namun, dalam  proses pengusulan, hanya satu yang berhak maju yakni Ahja Suneth.
“Ada dua calon saat proses demokrasi di tingkat mata rumah, tapi calon lain hanya memperoleh 1 dukungan mata rumah saja pada proses demokrasi Nopember 2014 tersebut. Kemudian proses itu berlanjut hingga sudah ada penetapan raja terpilih pada Mei 2015.
Berdasarkan kenyataan itu, komisi berkomitmen mendorong  percepatan pelantikan oleh bupati. Singkatnya, komisi akan merekomendasikan pada Bupati dan mendorong Pemkab untuk mempercepat pelantikan raja Wakal karena semua sudah sesuai dengan amanat perda.” tutup Laitupa.(MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!